Kompas.com - 12/10/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com – Perjalanan dengan KRL bisa dilakukan bersama teman agar tidak membosankan.

Namun, apakah kita lantas boleh menjaga tempat duduk untuk teman yang belum naik KRL agar tidak diduduki penumpang lain?

Jawaban atas pertanyaan tersebut disampaikan External Relations and Corporate Image Care, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Leza Arlan.

Baca juga: Cara Bayar Tiket KRL Solo-Jogja dan Rincian Harganya

“Sebenarnya penumpang tidak diperkenankan untuk menandai bangku kosong untuk orang lain di KRL,” kata dia dikutip dari Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Ia melanjutkan, semua penumpang berhak menempati tempat duduk di KRL dan prioritas hanya diberikan kepada orang tua, anak kecil, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Apabila mendapati ada orang yang menjaga bangku kosong untuk temannya yang akan naik KRL di stasiun selanjutnya, maka penumpang bisa melapor ke petugas.

Viral unggahan penumpang menjaga bangku kosong

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Selasa, sempat viral di media sosial unggahan tentang seorang penumpang KRl Solo-Jogja yang menjaga bangku kosong sebelahnya agar tidak diduduki orang lain.

Baca juga: 4 Aturan Bawa Sepeda Naik KRL, Ukuran dan Tempat Menyimpannya

Penumpang itu meletakkan barang-barangnya di bangku kosong sampingnya untuk temannya yang belum naik KRL.

Commuter Line Solo-Yogyakarta di Stasiun Solo Balapan, Selasa (09/08/2022).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Commuter Line Solo-Yogyakarta di Stasiun Solo Balapan, Selasa (09/08/2022).

Saat ada penumpang lain yang hendak duduk di bangku kosong, orang itu melarang dengan alasan sudah ada yang akan duduk di bangku tersebut.

Sebelum kereta berangkat, dua teman dari penumpang yang menjaga bangku itu akhirnya datang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.