Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Kupang-Dili Beroperasi November 2022

Kompas.com - 12/10/2022, 12:36 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Layanan bus DAMRI rute Kota Kupang-Dili, Timor Leste, dijadwalkan mulai beroperasi pada November 2022.

Dikutip dari Antara, nantinya dua unit bus berkapasitas 16 penumpang dioperasikan dari Kupang menuju Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain, kemudian ke Dili.

"Layanan DAMRI untuk rute Kupang-Dili PP akan beroperasi mulai bulan November 2022 menggunakan dua unit bus," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Isyak Nuka, seperti dikutip Antara, Rabu (12/10/2022), ketika dihubungi di Kupang, Rabu.

Baca juga: Berlibur ke NTT, Jangan Lupa ke Atambua!

Sebelumnya, menurut Isyak, uji coba telah dilakukan pada 10 dan 11 Oktober 2022 oleh tim Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan pihak Pemerintah Timor Leste.

Uji coba tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung jika ada yang perlu dilengkapi sebelum bus resmi dioperasikan sehingga layanan lintas negara ini bisa aman dan lancar bagi para penggunanya.

"Untuk kebutuhan terkait teknis operasional saat ini masih digodok bersama antara Pemerintah Indonesia dan Timor Leste yang pada prinsipnya mengutamakan pelayanan yang aman, lancar, dan selamat," ucapnya.

Baca juga: 5 Pesona Wisata Timor Leste yang Patut Dilihat, Apa Saja?

Pemerintah menyambut positif transportasi darat antarnegara di Pulai Timor tersebut, dengan harapan memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Ini sekaligus diharapkan dapat memicu peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dari pintu masuk tersebut.

"Ekonomi kita di NTT maupun Timor Leste akan semakin berkembang dengan adanya kemudahan akses transportasi ini," katanya.

Baca juga: Presiden Timor Leste Sebut Pariwisata NTT Kelas Dunia

Adapun rencana operasional ini mundur dari target awal, salah satunya karena terkendala pandemi Covid-19.

Dikutip dari Kompas ID, uji coba DAMRI rute Kupang-Dili telah berlangsung pada Agustus 2019 dari Kupang ke Dili dan sempat direncanakan beroperasi permanen pada 2020. Setelah itu, operasional juga sempat direncanakan berlangsung pada Agustus-September 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com