Kompas.com - 12/10/2022, 12:36 WIB

KOMPAS.com - Layanan bus DAMRI rute Kota Kupang-Dili, Timor Leste, dijadwalkan mulai beroperasi pada November 2022.

Dikutip dari Antara, nantinya dua unit bus berkapasitas 16 penumpang dioperasikan dari Kupang menuju Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain, kemudian ke Dili.

"Layanan DAMRI untuk rute Kupang-Dili PP akan beroperasi mulai bulan November 2022 menggunakan dua unit bus," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Isyak Nuka, seperti dikutip Antara, Rabu (12/10/2022), ketika dihubungi di Kupang, Rabu.

Baca juga: Berlibur ke NTT, Jangan Lupa ke Atambua!

Sebelumnya, menurut Isyak, uji coba telah dilakukan pada 10 dan 11 Oktober 2022 oleh tim Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan pihak Pemerintah Timor Leste.

Uji coba tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung jika ada yang perlu dilengkapi sebelum bus resmi dioperasikan sehingga layanan lintas negara ini bisa aman dan lancar bagi para penggunanya.

"Untuk kebutuhan terkait teknis operasional saat ini masih digodok bersama antara Pemerintah Indonesia dan Timor Leste yang pada prinsipnya mengutamakan pelayanan yang aman, lancar, dan selamat," ucapnya.

Baca juga: 5 Pesona Wisata Timor Leste yang Patut Dilihat, Apa Saja?

Pemerintah menyambut positif transportasi darat antarnegara di Pulai Timor tersebut, dengan harapan memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Ini sekaligus diharapkan dapat memicu peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dari pintu masuk tersebut.

"Ekonomi kita di NTT maupun Timor Leste akan semakin berkembang dengan adanya kemudahan akses transportasi ini," katanya.

Baca juga: Presiden Timor Leste Sebut Pariwisata NTT Kelas Dunia

Adapun rencana operasional ini mundur dari target awal, salah satunya karena terkendala pandemi Covid-19.

Dikutip dari Kompas ID, uji coba DAMRI rute Kupang-Dili telah berlangsung pada Agustus 2019 dari Kupang ke Dili dan sempat direncanakan beroperasi permanen pada 2020. Setelah itu, operasional juga sempat direncanakan berlangsung pada Agustus-September 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.