Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata Banda Neira, Benteng hingga Gunung Api

Kompas.com - 14/10/2022, 06:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Ada sejumlah tempat wisata di Banda Neira yang menarik untuk dijelajahi jika sedang mampir ke Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

 

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku mengaku sedang memperjuangkan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, menjadi prioritas destinasi wisata di tingkat nasional.

“Saat ini yang menjadi utang besar dan menjadi target kami adalah bagaimana destinasi wisata yang ada di Maluku, salah satunya yang kami perjuangkan yaitu Banda Neira, bisa menjadi prioritas wisata nasional,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Afandi Hasanusi, dilansir dari Antara, Kamis (13/10/2022).

Baca juga: 6 Fakta Banda Neira, Pulau Cantik Tempat Pengasingan Bung Hatta

Sebab, Banda Neira dianggap memiliki potensi wisata yang komplet, mulai dari wisata budaya, sejarah, hingga bahari. 

Adapun Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu dari 10 pulau vulkanik di Kepulauan Banda di provinsi Maluku. Mendapat julukan sebagai Surga dari Timur, Banda Neira memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa.

Lautnya penuh dengan karang menawan dan kehidupan laut yang melimpah. Sehingga, menjadikan Kepulauan Banda tidak hanya destinasi yang kaya secara historis, tetapi juga tempat menyelam yang diakui secara internasional.

Baca juga: 8 Wisata Morotai di Maluku Utara, Telusuri Peninggalan Perang Dunia II

Jika tertarik berkunjung, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Banda Neira, baik alam maupun buatan, yang tidak boleh terlewatkan.

Tempat wisata Banda Neira

1. Benteng Belgica

The Side Of The Belgica Fort In Banda Neira IslandShutterstock/Luca Vaime The Side Of The Belgica Fort In Banda Neira Island

Benteng Belgica merupakan benteng VOC yang dibangun di atas sebuah bukit, sebelah barat daya Pulau Neira, dan terletak pada ketinggian 30 meter dari permukaan laut.

Pemandangan yang ada di sekitar benteng yang dibangun pada 1611 di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Pieter Bot ini memang sangat menakjubkan. 

Menurut sejarah, benteng ini sebenarnya merupakan salah satu peninggalan Portugis yang awalnya berfungsi sebagai pusat pertahanan. Namun pada masa penjajahan Belanda, Benteng Belgica beralih fungsi untuk memantau lalu lintas kapal yang keluar masuk Banda.

Baca juga: 5 Keindahan Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia

Uniknya, pada setiap sisi benteng terdapat sebuah menara. Dari menara, pengunjung bisa menikmati pulau-pulau di sekitar Pulau Neira seperti Pulau Banda Besar, gunung api, dan birunya Laut Banda.

2. Istana Mini Neira

Istana Mini Banda Neira di Maluku diusulkan jadi Istana Kepresidenan Kemendikbud Istana Mini Banda Neira di Maluku diusulkan jadi Istana Kepresidenan

VOC kala itu membangun kota Banda Neira dengan mendirikan bangunan istana bernama Istana Mini Neira, seperti dikutip dari bpkp.go.id.

Istana tersebut berfungsi sebagai tempat tinggal Gubernur VOC, sehingga menjadi satu-satunya bangunan besar dan indah saat itu di kawasan ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Penginapan di Kepulauan Kei Maluku, Ada yang di Tepi Pantai

Di depan istana, terhampar pantai biru yang jernih dan Pulau Banda Besar. Adapun di sekitar Istana Mini dibangun rumah-rumah berukuran besar sebagai tempat tinggal dari petinggi orang Eropa yang datang ke Banda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com