Kompas.com - 15/10/2022, 11:18 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Pada Rabu sampai Kamis, (12-13 Oktober 2022), digelar Workshop Onboarding Produk Desa Wisata ke Platform Digital Godevi (go destination village).

Workshop mengangkat topik Pengembangan Virtual Reality Sebagai Sarana Promosi Destinasi Wisata Berbasis Komunitas dalam Rangka Meningkatkan Animo Kunjungan Wisatawan Millenial.

Ketua Program Tri Kuntoro Priyambodo menyampaikan, tujuan workshop adalah untuk meningkatkan kapasitas pelaku desa wisata Flores di NTT dalam melakukan promosi produk desa wisata berbasis digital melalui strategi konten promosi.

Baca juga: Potensi Wisata Jalur Pantai Selatan Flores, Tak Kalah dari Tengah dan Utara

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Manggarai Barat Pius Baut. Ia berterima kasih kepada UGM dan Godevi yang membantu menyempurnakan sumber daya manusia (SDM) di Labuan Bajo dalam hal digitalisasi.

Lokasi workshop dilaksanakan di Labuan Bajo. Peserta terdiri dari 6 desa wisata, yakni Desa Golo Loni dan Desa Colol dari Manggarai Timur, Desa Liang Bua dan Desa Meler dari Manggarai, serta Desa Batu Cermin dan Desa Liang Ndara dari Manggarai Barat.

"Workshop ini diisi dengan beberapa kegiatan, seperti pemaparan materi, diskusi, dan onboarding paket wisata ke website Godevi www.godestinationvillage.com," berikut rilis dari UGM yang Kompas.com terima dari Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin, Sabtu, (15/10/2022).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebelum dilaksanakan workshop, Tim AMX UAV dan Godevi telah mengunjungi desa untuk melakukan pemetaan serta pengambilan konten video desa wisata yang nantinya akan ditampilkan pada platform digital Godevi.

Pemaparan materi pertama dengan topik Membangun Keterlibatan Masyarakat dalam Promosi Desa Wisata disampaikan oleh Janianton Damanik.

Baca juga: Menjelajahi Danau Belerang Sano Nggoang di NTT

Sedangkapan materi kedua terkait topik Menemukan Unique Selling Point (USP) dan Membangun Storytelling Desa Wisata disampaikan I Nyoman Sukma Arida.

Selanjutnya, dilakukan kegiatan onboarding produk desa wisata ke paltform Digital tim Godevi.

Tujuan workshop onboarding produk desa wisata di Flores

Adapun output kegiatan ini berupa tersedianya akun desa wisata baru pada Platform Digital Godevi dan terbentuknya konten narasi, serta branding produk desa wisata pada enam desa wisata terpilih.

Pemandangan alam.berbukit-bukit di kawasan agrowisata Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Kab. Manggarai Timur, NTT menjadi spot foto oleh wisatawan, Sabtu, (30/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pemandangan alam.berbukit-bukit di kawasan agrowisata Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Kab. Manggarai Timur, NTT menjadi spot foto oleh wisatawan, Sabtu, (30/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

"Peserta workshop sangat antusias karena langsung dapat mempraktekan digitalisasi produk desa wisata yang telah dimilikinya baik berupa gambar, video, maupun narasi produk yang diambil dari karakteristik dan keunikan desa wisata yang dimilikinya," jelasnya

Sebagai tindak lanjut, telah terbentuk komunitas Godevi untuk desa mitra di NTT yang nantinya digunakan sebagai media sharing informasi dan jejaring promosi desa wisata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.