Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Berburu Foto di Halte Bundaran HI, Semakin Ramai Saat Malam

Kompas.com - 17/10/2022, 20:36 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Revitalisasi bangunan dua lantai untuk tempat penumpang bus Transjakarta naik dan turun ini tampak belum sepenuhnya selesai. 

Halte Bundaran HI, nama bangunan tersebut, memang sudah diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan pada Sabtu (15/10/2022), meski belum semua fasilitas beroperasi.

Baca juga: Ingin Nikmati Lanskap Bundaran HI dari Halte? Anies: Naik Transjakarta, Bukan Cuma Tap-In

Kendati masih ada beberapa sisa bahan bangunan, halte yang tergabung dengan area komersil sudah dipergunakan aman dan aktif dilalui oleh penumpang Transjakarta.

Berada di tengah-tengah Plaza Indonesia dengan Wisma Nusantara, halte ini juga menjadi perlintasan warga yang berlalu lalang.

Selain penumpang, sejumlah pengunjung dari luar halte juga menyengaja tap-in kartu mereka agar bisa masuk ke halte dan naik menuju area komersil di lantai dua.

Penampakan dari bawah anjungan (skydeck) halte baru Bundaran HI yang sudah direvitalisasi. Dok. Ngabila Salama Penampakan dari bawah anjungan (skydeck) halte baru Bundaran HI yang sudah direvitalisasi.

Sebagai informasi, area komersil di lantai dua tersambung dengan halte Transjakarta di lantai pertama. Oleh karena itu, jika pengunjung tidak naik bus Transjakarta, maka harus membayar Rp 3.500 menggunakan kartu yang bisa diakses untuk halte.

Baca juga: 6 Tips Berfoto di Halte Baru Bundaran HI, Bawa Kartu Transjakarta

Naik ke anjungan halte Bundaran HI

Halte bus Transjakarta Bundaran HI terletak di Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Saat Kompas.com berkunjung pada Minggu (16/10/2022) pukul 18.30 WIB, area halte lantai pertama tidak sepadat halte pada jam-jam kerja (office hour). 

Baca juga: BERITA FOTO: Revitalisasi Halte Trasjakarta Bundaran HI Selesai November

Namun, dari tangga menuju lantai dua hingga area anjungan, cukup ramai dipenuhi oleh pengunjung. Mulai dari pasangan, anak muda yang berkelompok, keluarga dengan anak-anak, hingga pengunjung yang datang sendirian. 

Pemandangan dan spot foto di anjungan halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi, Minggu (16/10/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pemandangan dan spot foto di anjungan halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi, Minggu (16/10/2022).

Di lantai dua sendiri pembangunan juga belum bisa dikatakan 100 persen selesai. Masih ada ruangan kosong, meski sudah ada beberapa kursi dan akses menuju anjungan sudah mulai rapi. 

Saat menginjakkan kaki di area anjungan dengan pagar pembatas berbentuk setengah lingkaran, terlihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian. Cahaya kota (city light) yang berwarna-warni menambah keapikan panorama malam hari itu. 

Baca juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Sarinah, Belanja dan Foto-foto

Dari jauh, tampak bangunan-bangunan tinggi nan mewah yang memancarkan cahaya. Seperti Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, hotel Grand Hyatt Jakarta, Mall Grand Indonesia, Mandarin Oriental, dan bangunan komersil serta perkantoran lainnya. 

Tak ketinggalan, monumen Selamat Datang yang ikonik ikut memancarkan cahaya. Air mancur di sekitar monumen tersebut juga berganti warna, seperti merah, hijau, biru, hingga ungu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com