Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2022, 22:35 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk merencanakan perjalanan wisata sejak jauh hari, menyambut libur nasional dan cuti bersama 2023 yang beberapa hari lalu diumumkan.

Sebab, libur nasional dan cuti bersama dinilai dapat menyebabkan peningkatan aktivitas wisata, termasuk di dalam negeri.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 3,6 Juta Kunjungan Wisman hingga Akhir 2022

Adapun pada 11 Oktober 2022, pemerintah telah mengumumkan 24 libur nasional sepanjang 2023. Sebanyak 16 di antaranya merupakan hari libur nasional dan sisanya cuti bersama.

"kami akan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanfaatkan cuti bersama, dengan merencanakan wisata atau travelling di Indonesia saja dan direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya,” kata Sandiaga Uno, pada Weekly Press Brief, Rabu (17/10/2022).

Menurutnya, kini semakin banyak destinasi wisata yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Salah satu destinasi dalam negeri yang dapat dikunjungi adalah desa-desa wisata.

Baca juga: Pencarian tentang Indonesia Tinggi di Beberapa Negara, Peluang Gaet Wisman

Dengan melakukan perjalanan atau kunjungan di dalam negeri, lanjut Sandiaga, masyarakat akan mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dan sektor pariwisata lebih cepat pulih.

Dalam rangka pemulihan pariwisata, Sandiaga juga mengimbau pemerintah-pemerintah daerah untuk menyiapkan anggaran berbagai kegiatan di daerah masing-masing, sehingga aktivitas wisata menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Baca juga: 1,73 Juta Wisman Kunjungi Indonesia Sepanjang 2022, Naik 2.000 Persen

Selain untuk menyambut 2023, juga untuk memanfaatkan momen libur Natal dan akhir tahun.

“Sehingga pelaku usaha, pelaku ekonomi kreatif, mulai merasakan geliat dari pariwisata."

"Mari pemerintah daerah siapkan destinasi dan produk wisatanya, siapkan event-nya, rangkul dunia usaha, rangkul teman-teman penyelenggara kegiatan,” kata Sandiaga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+