Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantiknya Taman Menteng Jakarta, Kini Penuh Mural Warna-warni

Kompas.com - 19/10/2022, 20:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Taman Menteng di Jakarta Pusat kini dipercantik dengan mural bertajuk "Gelora Ragam", yang dikreasikan di empat bidang lapangan seluas 4.000 meter persegi.

Dikutip dari Antara, mural tersebut merupakan karya seniman grafiti Stereoflow (Adi Dharma). Pengerjaan mural yang didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu dilakukan selama dua minggu, mulai 1-14 Oktober 2022 dan melibatkan tim kerja yang beranggotakan 16 seniman.

Baca juga: 4 Ide Foto yang Instagramable di Halte Bundaran HI Jakarta Pusat

Tema mural mengambil inspirasi dari semangat kolaborasi dan keberagaman Kota Jakarta.

"Semangat Jakarta kota kolaborasi serta keberagaman menjadi ilham yang kuat bagi saya untuk mewujudkan karya mural dalam kesempatan istimewa ini," ujar Stereoflow, seperti dikutip dari Antara.

Foto udara lapangan yang dihiasi mural karya seniman mural Adi Dharma atau dikenal dengan Streoflow di taman Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022). Mural bertajuk Gelora Ragam ini terinspirasi dari semangat Jakarta sebagai kota kolaborasi serta keberagaman.KOMPAS/PRIYOMBODO Foto udara lapangan yang dihiasi mural karya seniman mural Adi Dharma atau dikenal dengan Streoflow di taman Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022). Mural bertajuk Gelora Ragam ini terinspirasi dari semangat Jakarta sebagai kota kolaborasi serta keberagaman.

Ia menambahkan, setiap warna yang dituangkan ke dalam "kanvas raksasa" itu seolah-olah merepresentasikan posisi-posisi pemain dalam tim olahraga dan kerja sama yang baik sangatlah dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama.

Stereoflow juga menuangkan sejumlah makna dalam detail mural. Misalnya, 44 buah sumur resapan di lokasi yang dilambangkan guratan-guratan tekstur air pada mural.

Sejarah lapangan tersebut yang merupakan markas klub sepak bola Persija juga dihadirkan lewat motif kulit macan.

Baca juga: 3 Museum Baru Dibuka di Indonesia, Ada di Jakarta dan Tegal

Foto udara lapangan yang telah selesai dimural oleh seniman mural Adi Dharma atau dikenal dengan Streoflow di taman Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022). Mural bertajuk Gelora Ragam ini diaplikasikan di empat lapangan yang ada di taman MentengKOMPAS/PRIYOMBODO Foto udara lapangan yang telah selesai dimural oleh seniman mural Adi Dharma atau dikenal dengan Streoflow di taman Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022). Mural bertajuk Gelora Ragam ini diaplikasikan di empat lapangan yang ada di taman Menteng

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, pemprov memberikan ruang bagi para pelaku industri kreatif untuk ikut serta mempercantik kota lewat berbagai karya yang dimiliki.

"Saya harap ke depannya kolaborasi serupa bisa terus kita lakukan. Kami di Disparekraf DKI Jakarta sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan para pelaku ekonomi kreatif," ujarnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com