Kompas.com - 22/10/2022, 10:18 WIB

KOMPAS.comKota Solo di Jawa Tengah sebentar lagi akan memiliki masjid megah yang segera diresmikan.

Masjid Raya Sheikh Zayed adalah namanya. Dikutip dari Kompas.com, Kamis (20/10/2022), masjid ini rencananya akan diresmikan pada Kamis (17/11/2022).

Saat ini, pengerjaan Masjid Raya Sheikh Zayed sudah hampir selesai, yakni telah mencapai 91,22 persen.

Baca juga: Masjid Sheikh Zayed Solo Diresmikan November 2022

Saat sudah beroperasi, masjid yang merupakan hadiah Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Syeikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan kepada Presiden Joko Widodo ini akan bisa menampung 10.000 jemaah.

“Dalam ruangan bisa 4.000 (jemaah), untuk ruangan atas dan bawah. Sedangkan jika sampai selasar luas, kapasitasnya bisa mencapai 10.000 anggota jemaah," kata Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dikutip dari Kompas.com.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama rombongan meninjau pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/10/2022).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama rombongan meninjau pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/10/2022).

Selain itu, masjid juga bisa menampung banyak kendaraan yang akan parkir, yakni mencapai 28 bus dan 50 kendaraan roda dua.

Lokasi Masjid Sheikh Zayed di Kota Solo

Adapun Masjid Raya Sheikh Zayed tepatnya berlokasi di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah.

Pengunjung dari luar kota yang akan berkunjung ke masjid ini tidak perlu khawatir karena lokasinya yang dekat Terminal Tirtonadi dan Stasiun Solobalapan.

Dari Terminal Tirtonadi, jaraknya sekitar 1,1 kilometer (km) dengan waktu tempuh hanya kurang-lebih 5 menit.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, tenang saja karena ada beragam transportasi umum dari terminal sampai masjid, mulai dari ojek online, Batik Solo Trans, hingga angkot.

Baca juga: Lokasi dan Rute ke Istana Mangkunegaran di Solo yang Dikunjungi Jokowi

Selain itu, Masjid Sheikh Zayed juga dekat dengan Stasiun Solobalapan. Jaraknya hanya sekitar 1,3 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 10 menit.

Sama seperti dari Terminal Tirtonadi, sudah ada transportasi umum menuju Masjid Sheikh Zayed.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.