Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Embung Giwangan Yogyakarta Belum Resmi Dibuka, tapi Bisa Digunakan

Kompas.com - 23/10/2022, 13:26 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pembangunan Embung Giwangan di Yogyakarta belum 100 persen selesai dan belum dibuka secara resmi.

Namun, tempat yang akan dikembangkan sebagai Taman Pintar 2 atau Taman Budaya Yogyakarta ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan.

Baca juga: 9 Tempat Ngopi di Yogyakarta dengan Pemandangan yang Instagramable

Meski begitu, seperti dikutip Antara, masyarakat yang punya rencana beraktivitas di sana perlu melakukan pemberitahuan.

"Sebenarnya, masyarakat juga bisa memanfaatkan pada akhir pekan. Misalnya untuk olahraga ringan atau senam hingga kegiatan komunitas. Tetapi, memang sebaiknya menyampaikan pemberitahuan terlebih dulu,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Taman Budaya Yogyakarta Retno Yuliani di Yogyakarta, Minggu (23/10/2022), seperti dikutip Antara.

Pembangunan Taman Budaya Yogyakarta di lokasi Embung Giwangan dilakukan secara bertahap karena memerlukan anggaran cukup besar. Pembangunan pun dilakukan sesuai kemampuan anggaran.

Saat ini realisasi fisik pembangunan baru tercapai sekitar 30 persen.

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Bahkan, pada tahun anggaran 2022, tidak ada tambahan pembangunan fisik yang dilakukan. Sehingga, fasilitas yang ada pun masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni embung, jogging track, toilet, mushala, dan penerangan.

Untuk berkegiatan di Embung Giwangan belum dipungut biaya. Namun, masyarakat yang berkunjung tetap diminta menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan embung selama acara digelar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pada tahun anggaran 2023, pembangunan fisik rencananya dilanjutkan, yakni menambah panggung terbuka untuk kegiatan pentas seni dan budaya.

"Rencananya, pada 2023 dan 2024 akan dilakukan pembangunan lanjutan dengan dana keistimewaan. Tetapi, kami masih menunggu kepastian nilai anggaran yang akan dialokasikan,” tuturnya.

Baca juga: 9 Wisata Malam Yogyakarta yang Romantis dan Murah Meriah

Adapun Embung Giwangan dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) pada 2019 di lahan milik Pemerintah Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Tegalturi. Embung tersebut memiliki kapasitas penampungan sekitar 9.210 meter kubik air.

Embung yang pemelihraannya dianggarkan melalui APBD Kota Yogyakarta itu dibangun untuk konservasi air sekaligus pengembangan Yogyakarta bagian selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com