Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Musim di Korea Selatan dan Waktu yang Tepat untuk Liburan

Kompas.com - 24/10/2022, 11:34 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika ingin liburan ke Korea Selatan, ada sejumlah informasi yang harus diketahui sebelum berangkat, termasuk cuaca dan musim di negara tersebut.

Negara yang dikenal akan Korean Wave ini memiliki empat jenis musim, yaitu musim semi (spring), musim panas (summer), musim gugur (autumn), dan musim dingin (winter).

Baca juga:

“Beberapa musim yang bisa dinikmati di Korea, ada spring pada Maret-Mei, summer pada Juni-Agustus, autumn September-November, dan winter Desember-Februari,” ujar PR and Media Officer Korea Tourism Organization (KT0) Jakarta Office, Novi Nursyahbani, saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022). 

Persiapan untuk berlibur di negara dengan iklim yang lebih beragam tentu tidak mudah. Mulai dari pakaian, perbekalan yang dibawa, hingga itinerary atau daftar perjalanan, menjadi aspek yang perlu diperhatikan. 

Lantas, pada musim apa sebaiknya wisatawan liburan ke Korea? Sebenarnya, hal tersebut tergantung soal apa dan ke mana tujuan yang ingin dicari. 

Baca juga: Istana Gyeongbokgung Korea Selatan: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Apalagi, Novi menjelaskan bahwa tiap musim memiliki festival yang menarik. Tidak hanya di Seoul, tetapi juga di daerah-daerah di luar Seoul.

"Tiap musim apapun pasti ada tema festival tertentu," tutur dia.

Daftar empat musim di Korea Selatan

Dikutip dari Buku Panduan Wisata Korea terbitan Korea Tourism Organization, Minggu (23/10/2022), berikut rangkuman informasi tentang keempat musim di Korea Selatan. 

Musim semi

Musim semi terjadi pada bulan Maret hingga Mei. Umumnya, saat musim ini cuaca di Korea terlihat cerah dan terasa sejuk.

Beautiful cherry blossoms in spring season at Seoul, South Korea.Shutterstock Beautiful cherry blossoms in spring season at Seoul, South Korea.

Akan tetapi, wisatawan disarankan untuk tetap menyiapkan jaket berbahan ringan lantaran suhu harian Korea bisa berubah-ubah.

Pada bulan-bulan ini, wisatawan juga disarankan menyiapkan masker debu apabila ada peringatan debu kuning di lokasi yang didatangi.

Baca juga: Korea Selatan Longgarkan Aturan Masker di Luar Ruangan

Musim semi sebenarnya sangat indah dengan bunga sakura yang bermekaran. Namun, musim ini tergolong padat untuk berkunjung ke Korea, sehingga kamu sebaiknya melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memastikan akomodasi yang tersedia.

Beberapa festival menarik yang digelar saat musim semi, seperti Festival Bunga Musim Semi Yeongdeungpo Yeouido yang menampilkan parade, pertunjukan, dan pameran bunga di bulan April. 

Lalu, Festival Api Jeju pada awal bulan Maret dan Festival Jinhae Gunhangje pada akhir Maret hingga awal April. 

Baca juga: 8 Tips Liburan ke Korea Selatan untuk Pemula, Bikin Anggaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com