Kompas.com - 24/10/2022, 14:31 WIB

KOMPAS.comSnorkeling adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat berwisata di laut.

Dengan snorkeling, wisatawan bisa menyaksikan keindahan bawah laut berupa ikan-ikan dan terumbu karang tanpa harus menyelam.

Wisatawan Cuma perlu mengambag dengan bantuan jaket pelampung dan melihat keindahan bawah laut melalui kacamatan snorkel.

Baca juga: 5 Perbedaan Snorkeling dan Scuba Diving, Ketahui Sebelum Mencoba

Selang pada snorkel yang berada di permukaan pun memungkinkan wisatawan bernapas melalui mulut, meski muka berada di bawah air.

Meski begitu, alangkah lebih baik jika kamu melakukan persiapan terlebih dahulu agar tidak kaget dan bisa lebih leluasa menjelajah keindahan lautan.

Latihan snorkeling di Umbul Ponggok

Salah satu persiapan snorkeling di laut yang bisa dilakukan adalah mengunjungi Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Wisatawan bisa melakukan snorkeling di sini karena kedalaman umbul yang mencapai 2 meter lebih dengan banyak ikan.

Baca juga: 5 Pantai di Gunungkidul untuk Snorkeling, Airnya Masih Jernih

Ada pula persewaan perlengkapan snorkeling, seperti di laut, meliputi kacamata snorkel, jaket pelampung, hingga sepatu katak.

Dengan tiga alat tersebut, kamu sudah bisa melakukan snorkeling di Umbul Ponggok dengan mengapung dan bisa menyaksikan keindahan bawah air.

Pepohonan besar mengelilingi Umbul Ponggok dengan air yang jernih. Seorang pengunjung sedang ber-snorkling menikmati pemandangan bawah air yang berisi berbagai jenis ikan.Dhanang Dhave Pepohonan besar mengelilingi Umbul Ponggok dengan air yang jernih. Seorang pengunjung sedang ber-snorkling menikmati pemandangan bawah air yang berisi berbagai jenis ikan.

Oleh karena itu, wisatawan yang belum bisa berenang pun akan tetap aman karena menggunakan pelampung.

“Sebelum ke laut untuk snorkeling di Karimunjawa, saya latihan dulu di sini supaya enggak kaget,” kata pengunjung Umbul Ponggok bernama Rosa kepada Kompas.com, Kamis (13/10/2022).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun alat snorkeling di Umbul Ponggok harus disewa. Tarifnya untuk jaket pelampung dan sepatu katak adalah Rp 10.000, sementara kacamata snorkel seharga Rp 15.000.

Bahkan jika rutin berlatih, wisawan bisa perlahan melepas pelampung dan belajar untuk menyelam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.