Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2022, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Ada beragam pantai yang terbentang di sepanjang Provinsi Jawa Timur dengan keunikan masing-masing.

Misalnya, Pantai Plengkung di Banyuwangi memiliki ombak kelas dunia, sedangkan Pantai Watu Ulo di Jember punya batu menyerupai badan seekor ular naga.

Baca juga: 13 Pantai dengan Sunset Terindah di Jawa Timur

Berikut, 50 rekomendasi pantai terbaik di Jawa Timur yang Kompas.com rangkum buat kamu.

Daftar pantai terindah di Jawa Timur 

1. Pantai Klayar di Pacitan

Pantai Klayar Pacitan pada sore hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Klayar Pacitan pada sore hari.

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya dari Kabupaten Pacitan sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (25/5/2022), seruling samudera berupa celah batu karang yang sesekali dapat menyemburkan air laut. Saat ombak datang, celah tersebut akan menghasilkan suara seperti seruling yang diiringi dengan bunyi semburan air, sehingga dinamai seruling samudera.

Tepat di belakangnya, berdiri formasi batuan karang yang mirip sphinx, makhluk mitos asal Mesir yang bertubuh singa berkepala manusia, sehingga dijuluki Sphinx van Java.

Baca juga: Pesona Pantai Klayar, Seruling Samudra hingga Sphinx van Java

2. Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Pantai Banyu Tibo di Pacitan dengan air terjun yang langsung mengarah ke pantai.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Banyu Tibo di Pacitan dengan air terjun yang langsung mengarah ke pantai.

Pantai Banyu Tibo alias Pantai Air Terjun terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Obyek wisata ini punya dua daya tarik, berupa air terjun dan pantai di satu tempat sekaligus.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (18/12/2018), untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni tangga dari kayu. 

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

3. Pantai Watu Karung di Pacitan

Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan. KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan.

Pantai Watu Karung terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Daya tariknya berupa pasir putih, laut biru kehijauan, dan pulau karang di sekitarnya. 

Pantai Watu Karung menghadap langsung ke Samudra Hindia, sehingga tinggi ombaknya mencapai lima meter. Gulungan ombak dengan tipe reef break dan tinggi menjadi incaran peselancar, sebagaimana dikutip Kompas.com, Selasa (6/12/2016).

Baca juga: Menantang Gulungan Ombak Watu Karung

4. Pantai Buyutan di Pacitan

Ilustrasi Pantai Buyutan di Pacitan, Jawa Timur.Dok. Wikimedia Commons/Omedbpj Ilustrasi Pantai Buyutan di Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Buyutan terlihat unik dari ketinggian. Garis pantai dengan pasir putih memanjang berpadu dengan warna air laut, serta perbukitan hijau. Lokasinya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. 

Dikutip Kompas.com, Kamis (13/12/2018), salah satu keunikan pantai ini adalah adanya gugusan batu karang di area lepas pantainya. Karang itu pun punya namanya masing-masing, yakni Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, dan Watu Narada.

Baca juga: 7 Wisata Pacitan Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

5. Pantai Kasap di Pacitan

Pantai Kasap terletak di Pacitan, Provinsi Jawa Timur  Shutterstock/Pantai Kasap Pantai Kasap terletak di Pacitan, Provinsi Jawa Timur

Pantai Kasap berada di Desa Watukarung, Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai Kasap dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Pacitan sebab panorama pantai dengan batu-batu karang yang menyerupai pulau, tersebar tidak jauh dari pantai.

Dilaporkan Kompas.com, Selasa (24/5/2022), untuk melihat pemandangan ini, pengunjung harus naik menuju bukit di dekat pantai, tepatnya ke gardu pandang.

Baca juga: 10 Wisata Alam Malang, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

6. Pantai Srau di Pacitan

Pantai Srau, salah satu pantai indah di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.KOMPAS.com/NICKY AULIA WIDADIO Pantai Srau, salah satu pantai indah di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Total ada tiga kawasan pantai pasir putih di Srau ini. Biasanya pengunjung menyebutnya sebagai Pantai Srau 1, 2, dan 3.

Pantai Srau 2 yang berada di bagian tengah merupakan tempat favorit wisatawan untuk bermain air, antara lain karena karena pasirnya lembut dan bebas dari batu-batu yang terbawa ombak, dikutip Kompas.com, Sabtu (15/6/2019).

Baca juga: Pantai Srau, Permata Putih di Selatan Pacitan

7. Pantai Soge di Pacitan

Pengunjung Berfoto di Tepi Pantai Soge dengan Ombak yang Besar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pengunjung Berfoto di Tepi Pantai Soge dengan Ombak yang Besar.

Pantai Soge berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan 30 kilometer dengan waktu berkendara kira-kira satu jam.

Menurut Kompas.com, Rabu (2/10/2019), meski indah, wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang atau bermain air terlalu ke tengah karena ombak di Pantai Soge cukup besar.

Baca juga: Pantai Soge Pacitan, Pantai Cantik di Tepi Jalur Lintas Selatan

8. Pantai Watu Bale di Pacitan

Pantai Watu Bale, Pacitan.shutterstock/Utik Margarini Pantai Watu Bale, Pacitan.

Pantai Watu Bale yang berlokasi di Desa Jetak, Tulakan, Pacitan, ini menyajikan pemandangan batu karang yang mirip dengan bale atau balai dalam Bahasa Indonesia. Pantai tersebut didominasi oleh tebing tinggi dan menjadi salah satu pantai tak berpasir di Indonesia.

Pantai Watu Bale berbatasan langsung dengan laut selatan. Selain menikmati deburan ombak, pengunjung juga bisa menjajal wahana ekstrem berupa jembatan gantung di atas lepas pantai menuju sebuah bukit karang, sebagaiman dikutip Kompas.com, Kamis (18/2/2022).

Baca juga: Pantai Watu Bale Pacitan Punya Wahana Uji Nyali, Berani Coba?

9. Pantai Pidakan di Pacitan

Pantai Pidakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dengan bebatuan khasnya.shutterstock/Sriyana Pantai Pidakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dengan bebatuan khasnya.

Pantai Pidakan terletak di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan.

Tak seperti pantai lain yang berpasir halus, Pantai Pidakan justru dipenuhi bebatuan unik dengan beragam ukuran seperti batu sungai, dikutip Kompas.com, Minggu (16/8/2020).

Baca juga: 6 Tempat Wisata Pacitan Buka Kembali Tahap Simulasi, Hanya untuk Turis Lokal

10. Pantai Pancer Door di Pacitan

Dua orang peselancar di Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.shutterstock/Bastian AS Dua orang peselancar di Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Pancer Door berada di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur.

Pantai ini menawarkan deburan ombak khas laut selatan yang menjadi incaran para peselancar. Selain itu, wisatawan juga bisa menyantap hidangan laut dan olahraga di trek jogging yang tersedia, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Geliat Pariwisata Pacitan, Pantai Watu Bale Jadi Tempat Wisata Favorit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Uniknya Masjid Hidayatullah di Jakarta Selatan, Sajikan Akulturasi 4 Budaya

Uniknya Masjid Hidayatullah di Jakarta Selatan, Sajikan Akulturasi 4 Budaya

Jalan Jalan
Usai Acara, Delegasi ASEAN Tourism Forum 2023 Akan Jelajah Yogyakarta

Usai Acara, Delegasi ASEAN Tourism Forum 2023 Akan Jelajah Yogyakarta

Travel Update
Ada Apa di Museum Taman Prasasti Jakarta?

Ada Apa di Museum Taman Prasasti Jakarta?

Travel Update
5 Tips Berkunjung ke Buana Life Pangalengan, Reservasi Lebih Dulu

5 Tips Berkunjung ke Buana Life Pangalengan, Reservasi Lebih Dulu

Jalan Jalan
ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogya Dimulai, Ada Pameran Parekraf Selama 4 Hari

ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogya Dimulai, Ada Pameran Parekraf Selama 4 Hari

Travel Update
Strategi Indonesia Pulihkan Pariwisata Pascapandemi, Luncurkan Visa sampai Pameran di Luar Negeri

Strategi Indonesia Pulihkan Pariwisata Pascapandemi, Luncurkan Visa sampai Pameran di Luar Negeri

Travel Update
Kelenteng Hok Tek Tjengsin, Tempat Ibadah 3 Agama di Kuningan Jakarta

Kelenteng Hok Tek Tjengsin, Tempat Ibadah 3 Agama di Kuningan Jakarta

Jalan Jalan
6 Hotel Dekat ICE BSD Tangerang, Ada yang Tinggal Jalan Kaki

6 Hotel Dekat ICE BSD Tangerang, Ada yang Tinggal Jalan Kaki

Travel Tips
Dikunjungi Iriana Jokowi, Ini Kisah Kampung Pathuk di Yogyakarta

Dikunjungi Iriana Jokowi, Ini Kisah Kampung Pathuk di Yogyakarta

Jalan Jalan
5 Aktivitas di Buana Life Pangalengan, Bisa Prewedding

5 Aktivitas di Buana Life Pangalengan, Bisa Prewedding

Jalan Jalan
Ada Vaksin Booster Kedua, Bakal Jadi Syarat Perjalanan?

Ada Vaksin Booster Kedua, Bakal Jadi Syarat Perjalanan?

Travel Update
6 Wisata Malam di Surabaya, Pas untuk Anak-anak dan Dewasa

6 Wisata Malam di Surabaya, Pas untuk Anak-anak dan Dewasa

Jalan Jalan
6 Prediksi Tren Liburan 2023, Staycation hingga Wisata Hemat

6 Prediksi Tren Liburan 2023, Staycation hingga Wisata Hemat

Travel Update
Catat, Daftar Kantong Parkir untuk Pengunjung Cap Go Meh Bogor

Catat, Daftar Kantong Parkir untuk Pengunjung Cap Go Meh Bogor

Travel Update
Buana Life Pangalengan, Restoran ala Rumah Adat Papua di Tanah Sunda

Buana Life Pangalengan, Restoran ala Rumah Adat Papua di Tanah Sunda

Jalan Jalan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+