Kompas.com - 27/10/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Pelabuhan Internasional Benoa dibuka kembali untuk menerima kedatangan kapal pesiar berisi wisatawan miliarder pada Kamis (27/10/2022).

Kesempatan tersebut disebut sebagai momentum untuk meningkatkan masuknya wisatawan mancanegara oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana

“Kedatangan pertama kali cruise setelah pandemi Covid-19 ini membawa wisatawan mancanegara. Saya kira pelayanan kita sudah mulai kita tingkatkan,” kata Widodo dikutip dari siaran pers Direktorat Jenderal Imigrasi yang Kompas.com terima, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Mencoba Sea Walker, Wahana Berjalan di Bawah Laut Tanjung Benoa Bali

Melalui kedatangan kapal pesiar tersebut, Widodo berharap hal tersebut dapat membuka jalan bagi wisatawan asing untuk datang ke Indonesia menggunakan kapal pesiar.

Menurut Widodo, pihak imigrasi dapat memfasilitasi peningkatan sektor pariwisata dengan menggandeng kementerian atau lembaga terkait.

Kapal pesiar berlabuh di Pelabuhan Benoa

Kapal pesiar yang kini sedang berlabuh di Pelabuhan Internasional Benoa tersebut adalah MV National Geographic Orion yang berasal dari Bahama.

Kapal yang membawa 53 orang penumpang dan 66 awak kru tersebut sebelumnya berangkat dari Sumbawa dan akan melanjutkan perjalanannya ke Singapura.

Baca juga: Itinerary Wisata Sehari di Sekitar Kawasan GWK Bali, Ada Tanjung Benoa

Widodo mengatakan akan melibatkan segala pihak yang ada untuk memudahkan alur kedatangan orang asing di Bali.

Wisatawan asing di Pelabuhan Internasional BenoaDok. Direktorat Jenderal Imigrasi Wisatawan asing di Pelabuhan Internasional Benoa

“Kami libatkan semua stakeholders, termasuk Pelindo sebagai otoritas pelabuhan yang memfasilitasi operasional di sini. Kemudian ada layanan Visa on Arrival yang disponsori oleh BRI. Lalu ada Bea Cukai dan karantina kesehatan,” ujar Widodo.

Ia melanjutkan bahwa untuk agen terkait, ada agen kapal besar (pesiar), antara lain Pelni, Djakarta Lloyd, Bahari Eka Nusantara Line, dan Track.

Baca juga: Pantai Tanjung Benoa, Tempat Diving untuk Pemula di Bali

"Mereka bisa mendatangkan serta memudahkan alur kedatangan orang asing untuk berwisata di Bali. Kami akan sinergiskan semuanya,” pungkas Widodo.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.