Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Benoa, Bali Sambut Kapal Pesiar Berisi Turis Asing Miliarder

Kompas.com - 27/10/2022, 19:07 WIB
Louis Brighton Putramarvino,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelabuhan Internasional Benoa dibuka kembali untuk menerima kedatangan kapal pesiar berisi wisatawan miliarder pada Kamis (27/10/2022).

Kesempatan tersebut disebut sebagai momentum untuk meningkatkan masuknya wisatawan mancanegara oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana

“Kedatangan pertama kali cruise setelah pandemi Covid-19 ini membawa wisatawan mancanegara. Saya kira pelayanan kita sudah mulai kita tingkatkan,” kata Widodo dikutip dari siaran pers Direktorat Jenderal Imigrasi yang Kompas.com terima, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Mencoba Sea Walker, Wahana Berjalan di Bawah Laut Tanjung Benoa Bali

Melalui kedatangan kapal pesiar tersebut, Widodo berharap hal tersebut dapat membuka jalan bagi wisatawan asing untuk datang ke Indonesia menggunakan kapal pesiar.

Menurut Widodo, pihak imigrasi dapat memfasilitasi peningkatan sektor pariwisata dengan menggandeng kementerian atau lembaga terkait.

Kapal pesiar berlabuh di Pelabuhan Benoa

Kapal pesiar yang kini sedang berlabuh di Pelabuhan Internasional Benoa tersebut adalah MV National Geographic Orion yang berasal dari Bahama.

Kapal yang membawa 53 orang penumpang dan 66 awak kru tersebut sebelumnya berangkat dari Sumbawa dan akan melanjutkan perjalanannya ke Singapura.

Baca juga: Itinerary Wisata Sehari di Sekitar Kawasan GWK Bali, Ada Tanjung Benoa

Widodo mengatakan akan melibatkan segala pihak yang ada untuk memudahkan alur kedatangan orang asing di Bali.

Wisatawan asing di Pelabuhan Internasional BenoaDok. Direktorat Jenderal Imigrasi Wisatawan asing di Pelabuhan Internasional Benoa

“Kami libatkan semua stakeholders, termasuk Pelindo sebagai otoritas pelabuhan yang memfasilitasi operasional di sini. Kemudian ada layanan Visa on Arrival yang disponsori oleh BRI. Lalu ada Bea Cukai dan karantina kesehatan,” ujar Widodo.

Ia melanjutkan bahwa untuk agen terkait, ada agen kapal besar (pesiar), antara lain Pelni, Djakarta Lloyd, Bahari Eka Nusantara Line, dan Track.

Baca juga: Pantai Tanjung Benoa, Tempat Diving untuk Pemula di Bali

"Mereka bisa mendatangkan serta memudahkan alur kedatangan orang asing untuk berwisata di Bali. Kami akan sinergiskan semuanya,” pungkas Widodo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com