Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2022, Museum Sumpah Pemuda di Jakarta mengadakan rangkaian acara Festival Pemuda pada 28 sampai 30 Oktober 2022.

Adapun Museum Sumpah Pemuda berada di Jalan Kramat Raya nomor 106, RT 2/RW 9, Kwitang, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat.

Museum yang telah ada sejak 20 Mei 1973 ini akan menggelar rangkaian acara festival yang disebut dengan Festival Pemuda.

Baca juga: 4 Koleksi Menarik Museum Sumpah Pemuda, Ada Biola W.R. Supratman

Rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

  • Hari pertama pada Jumat, 28 Oktober 2022, akan ada upacara bendera Hari Sumpah Pemuda, pembukaan Pameran Temporer Pergerakan Wanita bertajuk "Swara Iboe", dan lokakarya belajar bermain angklung pada pukul 13.00-16.00 WIB.
  • Hari kedua pada Sabtu, 29 Oktober 2022, akan diadakan lokakarya belajar membatik pukul 09.00-12.00 WIB dan belajar bahasa isyarat pukul 13.00-16.00 WIB.
  • Minggu 30 Oktober 2022, akan ada lintas sejarah Sumpah Pemuda mulai pukul 08.00-15.00 WIB dan nonton bersama serial film "Aku Pemuda". 

Serial film "Aku Pemuda" dibintangi Annisa Hertami, Kukuh Riyadi, Adam Permadi, dan sejumlah aktor lainnya.

Aku Pemuda, sudah bisa ditonton secara streaming sejak 25 - 28 Oktober 2022, pukul 20.30 WIB di laman indonesiana.tv.

Selain itu, untuk mengikuti acara-acara lokakarya yang tersedia, pengunjung perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Namun untuk lokakarya belajar bahasa isyarat, pendaftarannya sudah ditutup sejak Selasa, 24 Oktober 2022. Pesertanya pun harus di atas usia 15 tahun.

Baca juga: Museum Sumpah Pemuda Sudah Buka, Simak Rute dan Harga Tiketnya

Untuk lokakarya membatik dan belajar angklung, pendaftarannya ditutup pada Rabu, 26 Oktober 2022. Sedangkan untuk lintas sejarah Sumpah Pemuda berlaku untuk regu-regu pramuka dan pendaftaran ditutup pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Seluruh peserta wajib telah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga, patuh pada protokol kesehatan, dan dalam kondisi yang sehat.

Diorama Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, DKI Jakarta DOK. Shutterstock Diorama Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, DKI Jakarta DOK. Shutterstock

Rangkaian festival ini tidak dipungut biaya. Pengunjung hanya perlu membayar harga tiket masuk museum sebesar Rp 2.000.

Namun, jika tertinggal pendaftarannya tidak perlu khawatir. Sebab, kamu masih bisa menonton siaran langsung Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda, yang bisa ditonton di kanal YouTube Muspada, mulai pukul 07.30 WIB hingga selesai.

Baca juga: Napak Tilas Sumpah Pemuda, Ada Museum W.R Soepratman di Surabaya

Terkhusus untuk upacaranya, hanya tamu undangan saja yang bisa hadir di tempat. Selain tamu undangan hanya bisa menonton siaran langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+