Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Virtual Tour Museum Sumpah Pemuda Jakarta

Kompas.com - 28/10/2022, 13:31 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Belum lengkap bila memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober tanpa mengunjungi Museum Sumpah Pemuda di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. 

Selain mengunjungi gedung museum secara fisik, wisatawan juga bisa menjelajahinya secara daring melalui tur virtual atau virtual tour Museum Sumpah Pemuda yang gratis.

Baca juga:

Tur ini dapat diakses melalui laman resminya, dengan memilih pilihan "Virtual Tour" atau "Kunjungan Virtual" di sisi kanan atas. Layanan ini bisa dinikmati melalui komputer pribadi maupun smartphone.

Virtual tour dilengkapi video pemandu dan foto

Diorama Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, DKI Jakarta DOK. Shutterstock Diorama Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, DKI Jakarta DOK. Shutterstock

Selain menyediakan sudut pandang menyeluruh atau 360 derajat, pengunjung juga bisa memilih untuk dipandu melalui teks, video, atau foto.

Di Ruang Pengenalan, misalnya, pengunjung bisa melihat foto-foto Jakarta tempo dulu, sekaligus sejarah gedung Museum Sumpah Pemuda yang dulunya merupakan kos mahasiswa. 

Di salah satu ruangan, pengunjung bisa mendengar suara penyiar radio berbahasa Belanda, lalu diikuti penjelasan pemandu. Hal ini menunjukkan aktivitas pemuda pada zaman dahulu yang mendengarkan radio, salah satu sumber informasi pada masa itu.

Baca juga:

Ruangan lainnya yang juga akan dijelajahi melalui virtual tour ini, di antaranya Ruang Kongres 2, Teras Ruang Kepanduan, dan Relief. 

Pengunjung bisa melihat aneka patung tokoh-tokoh Sumpah Pemuda, sekaligus membaca keterangan di poster di setiap ruangan layaknya tengah mengunjungi museum secara fisik.

Sebagai informasi, Museum Sumpah Pemuda beralamat di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Jam operasionalnya pukul 08.00-16.00 WIB pada hari Senin-Kamis, Sabtu, dan Minggu. Pada hari Jumat, museum ini buka pukul 08.00-16.30 WIB. Museum ini tutup setiap hari Senin. 

Harga tiket masuknya mulai dari Rp 2.000 untuk pengunjung dewasa individu, dan Rp 1.000 untuk pengunjung anak individu. 

Baca juga: Berkunjung ke Kos-kosan Pelajar yang Kini Museum Sumpah Pemuda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com