Kompas.com - 28/10/2022, 17:05 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Indonesia Finansial Group (IFG) menggelar Culinary and Cultural Festival di Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sejak Kamis (27/10) hingga Sabtu (29/10/2022).

Culinary and Cultural Festival merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”.

Festival Culinary and Cultural Festival ini melibatkan usaha kuliner dan kerajinan. Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengungkapkan, saat ini Pemkab Manggarai Barat fokus menghidupkan UMKM di Labuan Bajo setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Festival Maritim Labuan Bajo Diharapkan Tambah Waktu Tinggal Wisatawan

Karena itu, pemerintah sangat terbantu dengan event IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang menglibatkan banyak peserta dan pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka.

"Kehadiran IFG sangat membantu kami. Saat ini, banyak pelaku UMKM yang bisa ada di sini. Pameran ini sangat membantu mereka," ujar Yulianus.

Bangkitkan Labuan Bajo

Ia menambahkan, event "IFG Labuan Bajo Marathon 2022” benar-benar telah mengobarkan kembali semangat masyarakat Manggarai Barat untuk berkarya, dalam hal usaha maupun berprestasi di bidang olahraga.

"Ini terlihat dari antusias warga yang sangat tinggi untuk ikut dalam lomba dayung maupun marathon nanti,” tutur Yulianus.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Sementara itu, Direktur SDM IFG yang membawahi fungsi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Rizal Ariansyah mengatakan, IFG selaku sponsor utama ingin berperan dalam meningkatkan perekonomian Labuan Bajo.

Pihaknya juga turut mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo yang masuk dalam Destinasi Super Prioritas (DSP).

Lanskap Waterfront City Labuan Bajo, magnet baru pariwisata NTT.DOK KEMENPAREKRAF VIA WONDERFULL IMAGE ID Lanskap Waterfront City Labuan Bajo, magnet baru pariwisata NTT.

“Kami telah memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM dan memberi kesempatan pada mereka untuk memamerkan produknya di Culinary and Cultural Festival," kata Rizal.

Itulah yang menjadi salah satu tujuan pihaknya menggelar rangkaian acara “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Goa Batu Cermin di Labuan Bajo Akhirnya Dibuka untuk Umum

Selain bazar UMKM, kata dia, IFG juga menggelar lomba dayung sebagai salah satu ajang meramaikan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”, sekaligus upaya menggairahkan pariwisata di Labuan Bajo.

“Lomba dayung diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan budaya setempat serta membangkitkan semangat berprestasi,” kata Rizal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.