Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kuliner dan Budaya di Waterfront City Labuan Bajo, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 28/10/2022, 17:05 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Indonesia Finansial Group (IFG) menggelar Culinary and Cultural Festival di Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sejak Kamis (27/10) hingga Sabtu (29/10/2022).

Culinary and Cultural Festival merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”.

Festival Culinary and Cultural Festival ini melibatkan usaha kuliner dan kerajinan. Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengungkapkan, saat ini Pemkab Manggarai Barat fokus menghidupkan UMKM di Labuan Bajo setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Festival Maritim Labuan Bajo Diharapkan Tambah Waktu Tinggal Wisatawan

Karena itu, pemerintah sangat terbantu dengan event IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang menglibatkan banyak peserta dan pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka.

"Kehadiran IFG sangat membantu kami. Saat ini, banyak pelaku UMKM yang bisa ada di sini. Pameran ini sangat membantu mereka," ujar Yulianus.

Bangkitkan Labuan Bajo

Ia menambahkan, event "IFG Labuan Bajo Marathon 2022” benar-benar telah mengobarkan kembali semangat masyarakat Manggarai Barat untuk berkarya, dalam hal usaha maupun berprestasi di bidang olahraga.

"Ini terlihat dari antusias warga yang sangat tinggi untuk ikut dalam lomba dayung maupun marathon nanti,” tutur Yulianus.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Sementara itu, Direktur SDM IFG yang membawahi fungsi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Rizal Ariansyah mengatakan, IFG selaku sponsor utama ingin berperan dalam meningkatkan perekonomian Labuan Bajo.

Pihaknya juga turut mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo yang masuk dalam Destinasi Super Prioritas (DSP).

Lanskap Waterfront City Labuan Bajo, magnet baru pariwisata NTT.DOK KEMENPAREKRAF VIA WONDERFULL IMAGE ID Lanskap Waterfront City Labuan Bajo, magnet baru pariwisata NTT.

“Kami telah memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM dan memberi kesempatan pada mereka untuk memamerkan produknya di Culinary and Cultural Festival," kata Rizal.

Itulah yang menjadi salah satu tujuan pihaknya menggelar rangkaian acara “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Goa Batu Cermin di Labuan Bajo Akhirnya Dibuka untuk Umum

Selain bazar UMKM, kata dia, IFG juga menggelar lomba dayung sebagai salah satu ajang meramaikan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”, sekaligus upaya menggairahkan pariwisata di Labuan Bajo.

“Lomba dayung diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan budaya setempat serta membangkitkan semangat berprestasi,” kata Rizal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com