Kompas.com - 28/10/2022, 20:08 WIB

KOMPAS.com - Piala Dunia merupakan salah satu ajang sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia. Kick-off Piala Dunia 2022 yang akan dilaksanakan pada Minggu (20/11/2022) di Qatar tinggal hitungan hari.

Namun, Piala Dunia edisi kali ini memiliki perbedaan yang mencolok dibanding gelaran sebelumnya karena jadwalnya.

Biasanya, kompetisi yang diadakan empat tahun sekali itu diadakan pada akhir musim kompetisi.

Baca juga: Qatar Cabut Syarat Tes Covid-19 Sebelum Kedatangan Jelang Piala Dunia 2022

Artinya, piala dunia mulai antara bulan Mei hingga Juli. Namun, Piala Dunia 2022 kali ini baru akan mulai pada bulan November 2022.

Hal tersebut tentunya membuat beberapa liga top di Eropa terpaksa menghentikan jalannya pertandingan pada pertengahan musim agar para pemainnya dapat mengikuti kompetisi tersebut.

Alasan Piala Dunia 2022 digelar November

Lantas, kenapa Piala Dunia 2022 digelar November, bukan pertengahan tahun? Jawabannya adalah terkait cuaca dan letak geografis negara Qatar.

Keputusan untuk mengadakan Piala Dunia di tengah jalannya musim diambil guna menghindari cuaca ekstrem di Qatar saat musim panas yang berlangsung pertengahan tahun.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2022, Penerbangan ke Qatar Melonjak

Dilansir dari Al Jazeera (20/10/2022), suhu di Qatar saat musim panas dapat mencapai 40 derajat Celcius.

Stadion Lusail yang akan menjadi salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022 yang berkapasitas 80.000 penonton. Stadion Lusail terletak di pinggiran ibu kota Qatar, Doha. Di artikel ini Anda bisa membaca profil stadion Piala Dunia 2022, Lusail stadium.AFP/KARIM JAAFAR Stadion Lusail yang akan menjadi salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022 yang berkapasitas 80.000 penonton. Stadion Lusail terletak di pinggiran ibu kota Qatar, Doha. Di artikel ini Anda bisa membaca profil stadion Piala Dunia 2022, Lusail stadium.

Alhasil, gelaran piala dunia pun akhirnya dipindah ke bulan November di mana Qatar sudah memasuki musim dingin.

Melansir Kompas.com (22/09/2022), salah satu cara untuk menyiasati masalah cuaca di Qatar adalah dengan menggunakan air conditioner (AC) di dalam stadion.

Baca juga: 6 Aturan Nonton Piala Dunia 2022 Qatar, Dilarang Minum Alkohol di Publik

Maka dari itu, seluruh stadion yang akan digunakan dalam turnamen tersebut kecuali Stadium 974 akan dilengkapi dengan AC.

Dengan menggunakan AC, suhu di tribun dapat diatur dan diturunkan menjadi hanya 21-22 derajat Celcius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.