Kompas.com - 29/10/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, juga menggelar kegiatan car free day setiap hari Minggu.

Sesuai namanya, saat car free day kendaraan bermotor dilarang melintas dan jalan hanya untuk manusia dan pesepeda.

Adapun ruas jalan yang digunakan untuk car free day Karanganyar adalah dari Perempatan Desa Papahan sampai perempatan Dinas Pertanian atau sebelah timur Polres Karanganyar.

Baca juga: Car Free Day Juga Digelar di Kabupaten Karanganyar, Ini Rutenya

Panjang ruas jalan untuk car free day Karanganyar adalah sejauh 2,4 kilometer. Jalan akan ditutup untuk kendaraan bermotor selama empat jam, yakni pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB.

Jalan yang lengang

Kompas.com sempat berkunjung langsung ke car free day Karanganyar pada Hari Minggu (23/10/2022).

Menurut pengamatan Kompas.com, jalanan yang ditutup begitu lengang. Pengunjung pun bisa berlari atau bersepeda dengan leluasa.

Kondisi itu berbeda dengan jalan di car free day Kota Solo yang biasanya dipenuhi orang. Bahkan di Sriwedari, pengunjung sampai tidak bisa berlari saking padatnya.

Adapun kondisi ramai pada car free day baru tampak di sekitar Alun-alun Kabupaten Karanganyar.

Baca juga: 15 Wisata Tawangmangu, Wisata Alam hingga Kulineran

Itu karena para pedagang berkumpul di sana, mulai dari penjual makanan, sarung bantal, wahana permainan anak, sampai penjual pakaian.

Suasana Car Free Day Karanganyar di Alu-alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Suasana Car Free Day Karanganyar di Alu-alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Terlebih, di barat Alun-alun terdapat Masjid megah, yakni Masjid Agung Madaniyah yang bisa dijadikan latar belakang foto.

Oleh karena itu, pengunjung yang ingin terus berlari atau bersepeda dari ujung ke ujung, bisa lebih mudah melakukannya pada car free day Karanganyar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.