Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyesuaian Operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Selama G20

Kompas.com - 30/10/2022, 17:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan melakukan penyesuaian operasional pada tanggal 12-18 November 2022.

Penyesuaian itu guna mendukung kelancaran Presidensi G20 yang akan berlangsung 15-16 November 2022 di Bali.

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah mempersiapkan skenario penyesuaian operasional bandara, yang meliputi operasional di sisi udara (airside) dan sisi darat (landside).

Baca juga:

"Penyesuaian operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali ditujukan untuk mendukung kelancaran KTT G20 Bali, terutama dalam aspek keamanan, keselamatan, dan kelancaran penerbangan pada delegasi," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Minggu (30/10/2022).

Penyesuaian Bandara I Gusti Ngurah Rai Saat KTT G20

Beberapa penyesuaian operasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang akan berlaku pada 12-18 November mencakup:

  1. Jam operasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ditetapkan selama 24 Jam.
  2. Pembatasan operasional penerbangan penerbangan reguler tanggal 14 November 2022 pukul 00.00 WITA-02.00 WITA dan pukul 13.00 WITA-21.00 WITA.
  3. Pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan untuk penerbangan reguler tanggal 17 November 2022 pada pukul 12.00 WITA-pukul 19.00 WITA.
  4. Prioritas pelayanan penerbangan selama pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan diberikan untuk penerbangan sebagai berikut:
  • Penerbangan VVIP G20 (Pesawat Utama dan Pesawat Pendukung).
  • Penerbangan pesawat kemiliteran pendukung G20.
  • Penerbangan charter delegasi G20.
  • Penerbangan bukan niaga (charter flight) delegasi G20.
  • Penerbangan reguler dalam negeri dan luar negeri dengan jumlah pergerakan tertentu/terbatas.

"Pada periode pembatasan operasional penerbangan, dapat kami sampaikan bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tetap melayani penerbangan komersial berjadwal," tutur Faik.

Namun, pihaknya mengimbau calon penumpang untuk dapat menyesuaikan jadwal perjalanan udara.

Pihaknya juga menghimbau calon penumpang yang akan melakukan perjalanan udara pada periode limited operation tanggal 14 dan 17 November 2022, untuk berkoordinasi dengan maskapai penerbangan.

Sebab, ada potensi perubahan jadwal penerbangan komersial berjadwal yang menyesuaikan pada penerbangan delegasi peserta KTT G20.

Penyesuaian lalu lintas Wilayah Bandara I Gusti Ngurah Rai

Angkasa Pura I juga bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Provinsi Bali untuk melakukan penyesuaian akses lalu lintas di sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada rentang tanggal 14 dan 17 November 2022.

Hal tersebut guna memfasilitasi kedatangan delegasi dan mempermudah akses transportasi darat dari bandara ke lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Pemeriksaan dokumen Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Bandara I Gusti Ngurah Rai di BaliDok. PT Angkasa Pura I Pemeriksaan dokumen Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

Dua jalur Jalan Raya Airport Ngurah Rai yang berada di depan Gedung Administrasi PT Angkasa Pura I hingga Taman Bundaran I Gusti Ngurah Rai, dan juga akses Jalan Raya Tuban akan ditutup sementara pada periode tanggal 14 dan 17 November mendatang.

"Kami memohon permakluman serta menghimbau kepada warga masyarakat untuk dapat mematuhi ketentuan ini demi kelancaran seluruh rangkaian KTT G20 Bali," tutup Faik Fahmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com