Kompas.com - 31/10/2022, 07:07 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Parapuar, Labuan Bajo, Sabtu (29/10/2022). Ia datang ke tempat itu bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Singapura Ong Ye Kung.

"Wow. Sungguh indah. Dari sini kita bisa melihat gugusan pulau Komodo dan Padar, Airport, dan juga view kota Labuan Bajo berlatar pantai. Sungguh, dari sini kita bisa menyaksikan 360 derajat keindahan Labuan Bajo," kata Sandiaga di Parapuar.

Sandiaga mengatakan, dirinya datang meninjau Parapuar yang berarti pintu masuk hutan atau gate of forest karena akan menjadi lokasi pertama pembangunan wisata berkualitas dan dikelola oleh Kemenparekraf.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

"Harapannya, Parapuar ini akan menjadi tambahan akomodasi dan atraksi bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo," kata Sandiaga.

Ia mengajak Menkes Singapura ke Parapuar karena ingin melihat bagaimana investor yang hendak berinvestasi. Sebab, investasi akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan daerah.

4 zona pembangunan di Labuan Bajo

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina mengatakan, Kawasan Pengembangan Pariwisata Terpadu Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores akan dibangun sebanyak empat zona.

Pertama, zona Kultural yang akan menjadi pusat budaya, pusat riset, area usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta ada kawasan untuk pengembangan museum, dan galeri.

Baca juga: Goa Batu Cermin di Labuan Bajo Akhirnya Dibuka untuk Umum

Kedua, Leasure District. Akan ada spa dan wellness tourism dan lainnya. Ketiga, Wildlife Distritc yang akan ada ada mini zoo dan edukasi tentang cagar biosfer Komodo.

"Kawasan ini akan dikembangkan jadi landmark of cagar biosfer Komodo. Orang tidak ada yang tahu bahwa Labuan Bajo merupakan cagar biosfer Komodo, bukan hanya kawasan Taman Nasional Komodo," tutur Shana.

Bird eye view Marina Labuan BajoBiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Bird eye view Marina Labuan Bajo

Keempat, zona adventure distrik. Di situ nanti terdapat outdoor activity, jogging track, dan aktivitas lainnya yang memberikan alternatif bagi wisatawan selama di Labuan Bajo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.