Kompas.com - 31/10/2022, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartanto mewakili Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada desa-desa agar cermat dalam memanfaatkan potensi wisata setempat.

Hal itu ditujukan sebagai strategi yang bisa memberi nilai tambah positif dan produktivitas bagi pengembangan daerah.

"Saya berharap setiap desa dan daerah perlu mencermati sektor strategis dan potensial yang dapat dikembangkan, untuk bisa memberi nilai tambah positif dan produktivitas bagi pengembangan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Airlangga.

Baca juga:

Pernyataan itu ia sampaikan saat membacakan sambutan Presiden Jokowi dalam malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Ia menyampaikan dukungan pemerintah yang terus mendorong sektor pariwisata menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia guna meningkatkan pendapatan devisa serta menyerap tenaga kerja.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Termasuk melalui program pengembangan Kawal Desa Wisata yang saat ini digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait pengembangan desa wisata.

"Saya mengapresiasi tersedianya dan terlaksananya kegiatan ADWI 2022 dengan tema Indonesia Bangkit dan terima kasih kepada 3400 desa wisata yang telah berpartisipasi menjadi peserta ADWI, saya ucapkan selamat kepada 50 desa wisata terbaik ADWI 2022," tuturnya.

Pariwisata Indonesia naik ke peringkat 32

Dalam kesempatan terebut, Airlangga juga memaparkan kondisi terkini pariwisata Indonesia yang melesat ke urutan 32 dari sebelumnya ada di peringkat 44.

"Menurut World Economi Forum, pariwisata Indonesia naik pesat hanya dalam waktu 18 bulan dan peringkat wisata melesat ke urutan 32 dari sebelumnya 44," ujar dia.

Baca juga: Daftar Pemenang ADWI 2022, Tersebar di Seluruh Indonesia

Dan untuk pertama kalinya Indonesia berada di atas Malaysia, Thailand dan Vietnam dalam level Tourism Competitive Index tahun 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Saba Budaya Baduy yang masuk 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Kabupaten Lebak, Banten, pada Sabtu (15/10/2022).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Saba Budaya Baduy yang masuk 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Kabupaten Lebak, Banten, pada Sabtu (15/10/2022).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.