Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2022, 18:19 WIB

KOMPAS.com - Istilah self healing kerap digunakan oleh masyarakat yang ingin memulihkan diri atau beristirahat sejenak dari kesibukan harian, sehingga pikiran menjadi lebih jernih dan segar.

Biasanya, destinasi healing identik dengan tempat yang tenang, relatif sepi, dan berada di tempat terbuka yang memanjakan mata.

Baca juga: 20 Oleh-oleh Khas Surabaya, Ada Sambal Bu Rudy hingga Bandeng Asap

Jika kamu tengah mencari tempat healing di Surabaya, berikut ini beberapa rekomendasi yang telah disusun oleh Kompas.com dan bisa kamu kunjungi pada waktu senggang.

Tempat healing di Surabaya

1. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih, salah satu destinasi alam di Surabaya.Situs Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Hutan Bambu Keputih, salah satu destinasi alam di Surabaya.

Kebun Bambu Surabaya atau Hutan Bambu Keputih mungkin jadi salah satu destinasi pertama yang terpikirkan ketika mencari tempat healing di Surabaya.

Meski lokasinya berada di tengah kota, namun ruang terbuka dengan jejeran tanaman bambu ini mampu memberikan kesan menenangkan bagi pengunjungnya.

Dikutip dari situs Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, hutan seluas 40 hektar ini disebut mengingatkan kita pada Sagano Bamboo Forest yang ada di Jepang.

Baca juga: 10 Wisata Alam Surabaya, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Taman ini dibagi menjadi beberapa bagian, yakni Hutan Bambu, Taman Harmoni, dan Taman Ruang Publik.

Selain untuk sekadar bersantai dan menikmati hutan nan meneduhkan, lokasi ini juga kerap dimanfaatkan sebagai spot berfoto, termasuk foto prewedding.

Hutan Bambu Keputih berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

2. Hutan Kota Pakal

Hutan Kota Pakal, Surabaya.SITUS PEMERINTAH KOTA SURABAYA Hutan Kota Pakal, Surabaya.

Salah satu ruang terbuka hijau yang berada di kota adalah Hutan Kota Pakal Benowo atau Hutan Kota Pakal. Dikutip dair situs Pemerintah Kota Surabaya, luasnya mencapai sekitar 6 hektar dan merupakan penyaring udara serta pasokan oksigen bagi kota.

Jika sedang mencari tempat healing di Surabaya, kamu bisa berjalan santai mengelilingi area ini sambil menikmati pemandangan hijau di sekitar.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gubeng Surabaya

Di hutan yang berlokasi di Surabaya barat ini, terdapat sekitar 60 jenis tanaman, termasuk cemara udang, ketepeng, trembesi, mahoni, bakau, dan waru laut, yang membuat kawasan tersebut menjadi terasa sejuk.

Ada pula tambak-tambak dengan ikan. Sehingga, selain menikmati kesejukan hutan kota ini, pengunjung juga bisa mendengarkan gemericik air dan ikan-ikannya, yang memberikan kesan tenang tersendiri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+