Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desa Wisata Terbaik Kategori Daya Tarik Pengunjung ADWI 2022

Kompas.com - 01/11/2022, 06:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima desa wisata terpilih sebagai yang terbaik untuk kategori Desa Wisata Terbaik kategori Daya Tarik Pengunjung dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI 2022).

Dalam ajang itu, terdapat tujuh kategori utama yang dilombakan dan tiga kategori khusus berdasarkan klasifikasi dari masing-masing desa.

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada malam puncak ADWI 2022 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022).

Baca juga:

Di dalam kategori Daya Tarik Pengunjung ini terdapat lima desa yang berhasil menyabet peringkat satu sampai lima.

5 Desa Wisata Terbaik Kategori Daya Tarik Pengunjung

Lantas, apa saja lima desa wisata, yang menang dalam Desa Wisata Terbaik Kategori Daya Tarik Pengunjung? Berikut Kompas.com rangkum beserta pesona dari masing-masing desa.

1. Desa Wisata Keris, Sumenep

Desa Wisata Keris atau Desa Wisata Aeng Tong-tong di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berhasil menyabet peringkat pertama dalam Desa Wisata terbaik Kategori Daya Tarik Pengunjung.

Desa Aeng Tong-Tong merupakan kampung perajin keris di Madura.https://pesona.travel Desa Aeng Tong-Tong merupakan kampung perajin keris di Madura.

Pada tahun 2014, desa ini telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai satu-satunya desa wisata dengan empu keris terbanyak di dunia. Kampung ini menjadi tempat bermukim para perajin keris yang terkenal sebagai ikon Kabupaten Sumenep. 

Membuat keris merupakan hal yang diwariskan turun-temurun sejak zaman nenek moyang yaitu masa Kerajaan Sumenep. Dahulu, keris digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi keris pun berubah.

Baca juga: Daftar Pemenang ADWI 2022, Tersebar di Seluruh Indonesia

Saat ini keris asal Desa Aeng Tong-tong dibuat untuk memenuhi pesanan para kolektor keris baik dalam negeri maupun mancanegara.

Bahkan keris dari desa ini menjadi suvenir untuk side event Presidensi G20, yang diberikan kepada para delegasi masing-masing negara, sebagaimana dikutip Kompas.com (30/5/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com