Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2022, 06:06 WIB

KOMPAS.com - Kawasan Kota Tua di Jakarta Barat menjadi salah satu destinasi wisata kota terpopuler di ibu kota.

Saat akhir pekan, pengunjungnya tak hanya warga Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga pelancong dari kota-kota lain yang ingin melihat suasana bangunan-bangunan klasik di sana.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua Jakarta, Ini 5 Hal Baru yang Bisa Ditemukan

Selain menikmati suasana di kawasan Kota Tua, kamu juga bisa santai sejenak di beberapa kafe yang ada di sana. Terdapat beberapa pilihan, mulai dari kafe dengan harga menu cukup miring, hingga kafe dengan kategori premium.

Berikut pilihan kafe di Kota Tua Jakarta yang bisa dijadikan pilihan tempat nongkrong.

Kafe di Kota Tua Jakarta

1. Acaraki

Beras kencur saring di Acaraki, Kota Tua, Jakarta.ANTARA/NANIEN YUNIAR Beras kencur saring di Acaraki, Kota Tua, Jakarta.

Penggemar jamu bisa merapat ke kafe ini saat sedang main ke kawasan Kota Tua. Letaknya ada di Gedung Kerta Niaga 3, Jalan Pintu Besar Utara No.11, Pinangsia, Jakarta Barat.

Dikutip dari situs resminya, beberapa menu jamu yang dapat dinikmati di tempat alias dine in antara lain kunyit asam dan beras kencur, yang dapat disajikan dengan metode berbeda, seperti tubruk dan saring.

Baca juga: 6 Aktivitas Akhir Pekan di Kota Tua Jakarta, Bersepeda hingga Foto

Dikutip dari Antara, mereka yang meracik jamu memiliki latar belakang barista. Untuk itu, mereka memadukan teknik menyeduh kopi dengan membuat jamu, seperti V60, french press, cold drip, mokapot, hingga flairesso.

Dalam meracik menu, Acaraki memadukan jamu dengan berbagai bahan lainnya, seperti madu, yoghurt, es krim, hingga sparkling water, sehingga menyajikan minuman yang unik.

Acaraki juga menyediakan jamu kering kemasan yang dapat dibawa pulang untuk diseduh di rumah.

Jam buka Acaraki Kota Tua adalah mulai pukul 08.00-20.00 WIB setiap harinya.

2. Cafe Batavia

Batavia digunakan sebagai nama cafe yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta.SHUTTERSTOCK Batavia digunakan sebagai nama cafe yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta.

Cafe Batavia memang dapat dikatakan sebagai restoran dengan harga menu premium. Namun, jika mencari kafe di Kota Tua Jakarta, tak mungkin melewatkannya.

Restoran ini memiliki bangunan yang begitu menonjol dan mudah ditemukan oleh pengunjung kawasan Kota Tua.

Selain karena gaya bangunan klasik Eropa tahun 1930-an, letaknya tepat di seberang Museum Fatahillah di mana kebanyakan pengunjung kawasan Kota Tua berkumpul.

Dikutip dari situs resminya, restoran yang berdiri sejak tahun 1805 dengan konstruksi bangunan yang diinisiasi Belanda ini kerap masuk daftar restoran yang wajib dikunjungi jika berada di Indonesia. Berbagai tokoh dan pemimpin negara pernah berkunjung.

Baca juga: 2 Paket Wisata Onthel Kota Tua Jakarta, Puas Jelajah Naik Sepeda

Meski perlu merogoh kantong lebih dalam, namun kamu tak akan kecewa jika menyempatkan mampir. Sebab, setiap sudut restoran ini memiliki sentuhan desain jadul yang mengagumkan.

Selain itu, jika memilih meja dekat jendela di lantai dua, kita bisa menikmati pemandangan aktivitas wisatawan di Taman Fatahillah secara lebih jelas.

Beberapa menu signature restoran ini adalah Rujak Kepiting, Nasi Goreng Roa, Putri Mandi, dan Senja Kota.

Jam buka Cafe Batavia mulai pukul 09.00-00.00 WIB untuk Senin hingga Kamis. Sementara untuk hari Jumat tutup lebih malam, yakni pukul 01.00 WIB.

Adapun pada Sabtu dan Minggu, restoran ini buka lebih pagi, pukul 07.00 WIB.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+