Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2022, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Naik kereta api bisa jadi cara praktis untuk mencapai destinasi tujuan lebih cepat daripada naik kendaraan darat, serta lebih hemat dibandingkan naik moda transportasi udara.

Namun, naik kereta api jarak jauh (KAJJ) bisa menjadi sesuatu yang menegangkan bagi pemula.

Baca juga: Apa Perbedaan Kereta Eksekutif A dan AA?

Selain merupakan momen pertama kali, ada sejumlah langkah yang harus dilalui sebelum akhirnya bisa duduk nyaman di dalam kereta.

Nah, jika kamu baru pertama kali naik kereta api jarak jauh, simak dulu langkah-langkah berikut agar nanti tak bingung, seperti dikutip dari situs PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

"Karena masih dalam situasi pandemi, pastikan untuk tetap patuhi protokol kesehatan dan pastikan tubuh dalam kondisi sehat untuk keselamatan dan kesehatan diri, juga untuk orang-orang sekitar agar tetap merasa aman dan nyaman selama di perjalanan," ujar VP Public Relatins KAI Joni Martinus, seperti dikutip dari siaran persnya.

Baca juga: Kursi Kereta Api Eksekutif Bisa Diputar? Ini Penjelasannya

Cara naik kereta api jarak jauh

1. Tentukan tujuan

Seorang penumpang kereta api di Stasiun Balapan pada pagi hari, Selasa (09/08/2022). Mengetahui cara naik kereta api jarak jauh akan membuat perjalanan lebih nyaman dan siap.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Seorang penumpang kereta api di Stasiun Balapan pada pagi hari, Selasa (09/08/2022). Mengetahui cara naik kereta api jarak jauh akan membuat perjalanan lebih nyaman dan siap.

Sebelumnya, tentukan ke mana kamu akan pergi. Pastikan kamu tidak salah naik jurusan.

Selain kota atau kabupaten tujuan, ketahui pula di stasiun mana harus turun. Sebab, beberapa kota memiliki lokasi stasiun berbeda.

Baca juga: Catat, Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Kereta Api

Jika bertujuan ke Jakarta, misalnya, jangan turun di Stasiun Senen jika kereta tujuanmu lebih dekat dengan Stasiun Jatinegara.

Meski jarak keduanya tak terlalu jauh, namun kamu perlu mengeluarkan ongkos lebih jika salah turun stasiun, serta bisa saja terjebak macet dan memakan waktu berjam-jam.

2. Pesan tiket

Ilustrasi menggunakan aplikasi KAI Access untuk memesan tiket kereta api. Mengetahui cara naik kereta api jarak jauh akan membuat perjalanan lebih nyaman dan siap.SITUS KAI.ID Ilustrasi menggunakan aplikasi KAI Access untuk memesan tiket kereta api. Mengetahui cara naik kereta api jarak jauh akan membuat perjalanan lebih nyaman dan siap.

Setelah merencanakan perjalanan, saatnya membeli tiket.

Membeli tiket kereta api kini lebih mudah karena bisa dilakukan di mana pun, tak harus datang ke stasiun keberangkatan.

Kamu bisa memesan tiket melalui beberapa kanal, seperti aplikasi KAI Access, website kai.id, serta kanal resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Baca juga: Bayar Tiket Kereta Api via KAIPay di KAI Access, Ini Caranya

Saat memesan tiket, kita akan diminta untuk memilih stasiun asal dan stasiun tujuan, tanggal berangkat, serta jumlah penumpang.

Lalu, siapkan nomor kartu tanda penduduk dan pilih kursi kereta yang diinginkan. Terakhir, lakukanlah pembayaran sesuai dengan harga tiket yang dipesan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain secara online, kamu juga bisa memesan tiket secara offline di stasiun. Hanya saja, pastikan tidak memesan terlalu mepet waktu berangkat karena berisiko tidak mendapatkan kursi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+