Kompas.com - 02/11/2022, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Sejak bulan Agustus 2022 lalu, pelaku perjalanan luar negeri yang ingin ke Malaysia tidak perlu melakukan tes PCR sebelum dan sesudah kedatangan.

Namun, sebelum bepergian ke Malaysia, pelaku perjalanan wajib mengunduh aplikasi MySejahtera yang akan menunjukkan Status Risiko Covid-19 sekaligus sebagai health monitoring (pemantau kesehatan) selama kunjungan.

Baca juga:

"Syarat sekarang ini sudah tidak ada pengecekan PCR, dari airlines (maskapai penerbangan) juga tidak meminta saat boarding dan begitu sampai di Bandara Malaysia juga tidak diminta hasil PCR, lalu syarat karantina dan asuransi juga telah dihapuskan," kata Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta, Haryanty Abu Bakar, Rabu (2/11/2022).

Lalu, bagaimana jika sesampainya di Malaysia, wisatawan mengalami gejala Covid-19, atau positif terpapar virus ini?

Karantina mandiri di penginapan

Haryanty mengatakan, apabila sesampainya di Malaysia wisatawan mengalami gejala Covid-19 seperti demam, batuk, dan lain sebagainya, mereka bisa langsung karantina mandiri.

"Wisatawan yang mengalami gejala Covid-19 akan diminta untuk karantina mandiri, stay at your hotel, tidak perlu ke rumah sakit, mandiri tujuh hari saja," ujarnya.

Baca juga:

Lebih lanjut, nantinya Status Risiko Covid-19 di aplikasi MySejahtera ini akan berubah warna, dari hijau menjadi merah. Warna merah ini akan otomatis menjadi hijau kembali setelah tujuh hari.

"Jadi cukup karantina mandiri tujuh hari, akan langsung hijau kembali. Tapi, sebagai tanggung jawab pribadi, silakan keluar hotel jika merasa badan sudah betul-betul sehat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.