Kompas.com - 03/11/2022, 10:52 WIB

KOMPAS.com - Ke Kota Tua Naik busway atau Transjakarta bisa jadi pilihan praktis dan hemat. Sebab, kamu hanya perlu membayar ongkos Rp 3.500 dari titik keberangkatan hingga tiba di lokasi.

Namun, ini dengan catatan kamu tidak keluar alias tap out, ya.

Sejak revitalisasi Kota Tua selesai, letak halte Transjakarta Kota jadi semakin dekat dengan kawasan Kota Tua.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua Jakarta, Ini 5 Hal Baru yang Bisa Ditemukan

Saat ini, letaknya ada di seberang Gedung BNI Kota Tua atau tepat di depan Stasiun Jakarta Kota, sehingga kamu hanya tinggal menyeberang untuk tiba di kawasan pejalan kaki Kota Tua.

Jika ingin ke Kota Tua naik busway atau Transjakarta, tak perlu bingung. Berikut panduan singkatnya.

Ke Kota Tua naik busway atau Transjakarta

Kota Tua Jakarta berlokasi di Jakarta Barat, dekat dengan beberapa kawasan populer ibu kota, seperti Glodok dan Mangga Dua.

Bocah-bocah bermain boneka ondel-ondel di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta, pada Senin (22/08/2022).,KOMPAS.com/MITA AMALIA HAPSARI Bocah-bocah bermain boneka ondel-ondel di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta, pada Senin (22/08/2022).,

Selain turun di halte Kota, beberapa bus juga melewati halte Kali Besar Barat. Jika turun di sana, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 250 meter untuk tiba di kawasan Kota Tua.

Berikut beberapa panduan ke Kota Tua naik busway atau Transjakarta, dari berbagai titik awal.

Ke Kota Tua naik busway dari Jakarta Barat

Kota Tua memang berlokasi di Jakarta Barat. Namun, Kota Tua cenderung dekat dengan perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, sehingga lokasinya agak berada di tengah.

Mari ambil titik dari Cengkareng, Jakarta Barat. Jika kamu berangkat dari Cengkareng dan sekitarnya, berikut langkahnya:

  • Cari halte Transjakarta atau titik berhenti pengumpan Transjakarta terdekat.
  • Sebagai opsi, kamu bisa naik koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) jika naik dari halte atau 1A (PIK-Balaikota) jika naik dari titik berhenti pengumpan.
  • Jika naik koridor 3, kamu bisa turun di halte Harmoni Central kemudian transit ke koridor 1 (Blok M-Kota). Turun di halte Kota dan tinggal berjalan menuju lokasi. Jika naik koridor 1A, kamu tidak perlu transit dan tinggal turun di halte Kota.

Baca juga: Cara ke Kota Tua Jakarta Naik KRL

Ke Kota Tua naik busway dari Jakarta Pusat

  • Cari halte Transjakarta terdekat.
  • Jika berangkat dari sekitar kawasan Jalan Sudirman, kamu bisa naik koridor 1 (Blok M-Kota). Jika berangkat dari wilayah Jakarta Pusat lainnya, misalnya Kramat atau Senen, naik koridor 5C (PGC-Harmoni Central), turun di halte Harmoni Central, kemudian transit koridor 1 (Blok M-Kota).
  • Turun di halte Kota dan tinggal jalan menuju lokasi.

Baca juga: 7 Kafe di Kota Tua Jakarta, buat Pilihan Nongkrong

Ke Kota Tua naik busway dari Jakarta Timur

  • Cari halte Transjakarta terdekat.
  • Jika berangkat dari sekitar kawasan Cililitan, kamu bisa naik koridor 5C (PGC-Harmoni Central), turun di halte Harmoni Central, kemudian transit koridor 1 (Blok M-Kota). Jika berangkat dari arah Pulogadung, kamu harus naik koridor 4 (Pulogadung-Dukuh Atas) atau 4C (TUGas-Bundaran Senayan), kemudian transit koridor 1.
  • Turun di halte Kota dan tinggal jalan menuju lokasi.

Ke Kota Tua naik busway dari Jakarta Selatan

  • Cari halte Transjakarta terdekat.
  • Jika berangkat dari sekitar kawasan Blok M, kamu tinggal naik koridor 1 (Blok M-Kota), kemudian turun di halte Kota. Sementara jika berangkat dari sekitar kawasan Lebak Bulus, kamu bisa naik koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni Central), kemudian transit koridor 1. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa naik MRT dari Lebak Bulus menuju Bundaran HI, kemudian melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta koridor 1.
  • Turun di halte Kota dan tinggal jalan menuju lokasi.

Baca juga: 10 Hotel Dekat Kota Tua, Harga di Bawah Rp 400.000

Ke Kota Tua naik busway dari Jakarta Utara

  • Cari halte Transjakarta atau titik berhenti pengumpan Transjakarta terdekat.
  • Jika berangkat dari sekitar Pantai Indah Kapuk (PIK) atau Pluit, kamu bisa naik koridor 1A (PIK-Balaikota). Sementara jika berangkat dari Tanjung Priok, Sunter, atau Mangga Dua, naik koridor 12 (Tanjung Priok-Penjaringan).
  • Turun di halte Kota dan tinggal jalan menuju lokasi.

Itulah panduan singkat ke Kota Tua naik busway atau Transjakarta. Untuk menghemat durasi perjalanan, kamu juga bisa mengombinasikan transportasi dengan Kereta Rel Listrik (KRL), MRT, atau transportasi online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.