Kompas.com - 03/11/2022, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Anggaran adalah salah satu hal penting yang harus disiapkan jika berencana pergi liburan. Termasuk jika mau berlibur ke negara tetangga, seperti Malaysia.

Berapa kisaran bujet liburan ke Malaysia yang perlu disiapkan? Berikut rinciannya, seperti dirangkum Kompas.com.

Baca juga: 6 Wisata Malaysia Pemecah Rekor Dunia, Ada Pendakian Via Ferrata Tertinggi

Bujet liburan ke Malaysia

Tiket pesawat

Perlu diingat, harga tiket pesawat bisa sangat fluktuatif sepanjang tahun. Jika ingin mendapatkan harga tiket paling murah, pastikan kamu membeli untuk periode low season. 

Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta, Haryanty Abu Bakar mengatakan, saat ini kisaran harga tiket normal Jakarta-Kuala Lumpur untuk periode low season sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta pergi-pulang (PP).

Sebagai alternatif, berdasarkan pantauan Kompas.com lewat Online Travel Agent (OTA), harga tiket pesawat Jakarta-Kuala Lumpur penerbangan langsung sekali jalan pada Januari 2023 berada di kisaran mulai dari Rp 1,18 juta, menggunakan maskapai Malaysia Airlines.

Baca juga: Gembox, Pasar Malam dan Tempat Nongkrong Baru di Malaysia

Sedangkan untuk periode high season Desember 2022, harga tiket Jakarta-Malaysia sudah menyentuh Rp 1,7 juta sekali berangkat.

Sebagai catatan, kamu juga berkesempatan mendapatkan harga tiket jauh lebih murah daripada harga normal saat low season dengan rajin berburu promo.

Biaya asuransi perjalanan

Meski asuransi tidak lagi menjadi syarat utama saat memasuki Malaysia, namun tetap dianjurkan membeli asuransi perjalanan yang bisa mengutupi biaya penanganan Covid-19.

Ini untuk mengantisipasi jika saat berlibur di Malaysia kita terpapar Covid-19.

"Kami menyarankan bagi siapapun saat bepergian ke mana pun agar membeli juga asuransi perjalanan. Tidak mahal harganya, sesuai dengan jangka waktu perjalanan, sebab ada asuransi yang juga menanggung biaya penanganan di rumah sakit selama dia terkena Covid-19," terang Co-Founder Travel Wholesale Center, Halim, kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Bagaimana jika Terkena Covid-19 Saat Liburan di Malaysia?

Adapun kisaran harga asuransi perjalanan ke Malaysia selama tiga hari diperkirakan sampai Rp 200.000, tergantung berapa durasi perjalanan dan jenis jasa penyedia asuransi. Asuransi ini bisa dibeli di berbagai agen perjalanan atau dibeli langsung di perusahaan asuransi.

Biaya transportasi umum

Untuk transportasi umum, Haryanty mengatakan seluruh destinasi di sekitar Kuala Lumpur relatif bisa dijangkau menggunakan moda transportasi umum, seperti MRT, LRT, dan KTM.

Pengunjung menunggu MRT di Kwasa Damansara MRT Station, Kuala Lumpur, Malaysia.WIKIMEDIA COMMONS/SILEONG Pengunjung menunggu MRT di Kwasa Damansara MRT Station, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kalau tarif minimum itu 1 ringgit 50 sen, atau sekitar Rp 5.000, bayarnya juga bisa cashless dengan kartu uang elektronik, tapi itu hanya untuk area Kuala Lumpur," kata dia, Rabu.

Baca juga: Malaysia Luncurkan Visa Digital Nomad, Bisa Kerja dari Langkawi

Sedangkan bila ingin menjangkau wilayah di luar Kuala Lumpur, seperti Penang dan lain sebagainya, Haryanty mengatakan sudah ada sistem transportasi seperti kereta api dan kereta cepat. Selain itu, ada pula transportasi online seperti Grab dan taksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.