Kompas.com - 03/11/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Check-in pesawat adalah salah satu prosedur yang perlu dijalani ketika memilih moda transportasi udara.

Pada proses tersebut, penumpang akan melakukan pelaporan pada maskapai terkait jadwal penerbangannya dan bagasi tercatat.

Baca juga: Tata Cara Naik Pesawat jika Baru Pertama Kali

Check-in pesawat berapa jam sebelum berangkat?

Check-in pesawat dapat dilakukan secara langsung di konter maskapai atau secara online melalui aplikasi atau web. Namun, penumpang tetap harus memerhatikan jangka waktu check-in maskapai yang digunakannya.

Untuk check-in bandara maskapai Pelita Air, misalnya, calon penumpang dapat melakukannya mulai dari dua jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Idealnya untuk airport check-in window time 120-30 menit sebelum keberangkatan,” kata Wakil Sekretaris Korporat Pelita Air, Agdya P.P Yogandari, pada Kompas.com, Rabu (03/11/2022).

Baca juga: 5 Hal yang Harus Segera Dilakukan jika Ketinggalan Pesawat

Sementara check-in bandara maskapai Garuda Indonesia untuk rute domestik bisa dilakukan mulai dari 120 menit hingga 45 menit sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk rute internasionalnya mulai dari 180 menit hingga 60 menit sebelum berangkat.

Adapun jangka waktu check-in Garuda Indonesia di kiosk Bandara Soekarno-Hatta dengan rute penerbangan domestik bisa dilakukan mulai dari delapan jam hingga satu jam sebelum keberangkatan dan rute penerbangan internasional mulai dari empat jam sampai satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

Berbeda dengan check-in melalui konter maskapai, di bandara Soekarno-Hatta, check-in di konter untuk rute domestik bisa dilakukan 120-45 menit sebelum berangkat. Untuk rute internasional sendiri, bisa dilakukan 180-60 menit sebelum keberangkatan.

Baca juga: 4 Tips Check-in Online untuk Naik Pesawat, Perhatikan Waktu

Penting untuk mencari tahu terlebih dahulu jangka check-in untuk maskapai yang kita tumpangi, sehingga perjalanan menjadi lebih lancar.

Ilustrasi check-in online di bandara untuk naik pesawat.SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi check-in online di bandara untuk naik pesawat.

Check-in secara online

Sering kali penumpang yang sudah melakukan check-in secara online tidak perlu lagi check-ini di konter maupun kiosk bandara. Kecuali, jika membawa bagasi.

“Kalau membawa bagasi tercatat, bukan carry-on (bagasi kabin), tinggal membawa bagasi ke counter baggage drop (konter peletakkan bagasi),” tambah Agdya.

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Terbaru dari 7 Maskapai Indonesia

Jangka waktu check-in secara online bisa saja berbeda. Untuk maskapai Garuda Indonesia, misalnya, check-in secara online dapat dilakukan melalui aplikasi dan situs resmi Garuda Indonesia.

Untuk rute penerbangan domestik, jadwal check-in dapat dilakukan mulai dari 48 jam hingga dua jam sebelum jadwal keberangkatan. Sedangkan, untuk rute penerbangan internasional, jadwal check-in mulai dari 48 jam hingga delapan jam sebelum keberangkatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.