Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 15:08 WIB

KOMPAS.com - Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah mencapai 100 persen atau sudah rampung sepenuhnya. Dalam waktu dekat, destinasi wisata yang terletak di Jakarta Timur ini akan segera bisa dikunjungi kembali oleh masyakarat.

Selesainya revitalisasi ditandai dengan adanya berita acara serah terima dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kepada PT Taman Wisata Candi.

"Saat ini revitalisasi TMII secara infrastruktur sudah 100 persen rampung," ujar Direktur Eksekutif Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Emilia Nur Utari, pada Kompas.com, Rabu (02/11/2022).

Baca juga: Panduan Naik Transjakarta ke TMII

Kendati demikian, masih akan dilakukan uji coba operasional sebelum membuka sepenuhnya untuk publik.

Emilia mengatakan tanggal uji coba masih belum bisa dipastikan.

"TMII sedang melakukan persiapan untuk uji coba operasional," tuturnya.

Untuk diketahui, pengerjaan TMII ditargetkan dapat menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan pada 15-16 November 2022 mendatang.

Baca juga: Museum Batik Indonesia TMII, Punya Koleksi 860 Kain Batik Seluruh Negeri

Dikutip dari situs Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), TMII menjadi salah satu tempat yang direnovasi jelang KTT G20 sebagai wujud sarana representasi keragaman dan kekayaan potensi budaya. Adapun representasi ragam budaya Indonesia ditampilkan di anjungan-anjungan dan arsitektur destinasi tersebut.

Pada kunjungan Kompas.com ke TMII pada Rabu (31/08/2022) lalu, revitalisasi TMII baru mencapai 98% dengan setidaknya empat anjungan sudah selesai direnovasi.

Beberapa area saat itu masih terlihat sedang dikerjakan, termasuk kelengkapan trem mover yang akan menggantikan kereta layang aeromovel.

Trem Mover yang akan beroperasi di Taman Mini Indonesia IndahKOMPAS.com/Viona Pricilla Trem Mover yang akan beroperasi di Taman Mini Indonesia Indah

Dilansir dari Kompas.com, (02/11/2022), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan, renovasi yang telah rampung meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno.

Baca juga: Trem Mover Hadir di TMII, Gantikan Kereta Layang Aeromovel

Kemudian, penataan Museum Indonesia, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, gedung pengelola, dan juga lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+