Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revitalisasi TMII Rampung 100 Persen, Segera Buka untuk Umum

Kompas.com - 03/11/2022, 15:08 WIB
Viona Pricilla,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah mencapai 100 persen atau sudah rampung sepenuhnya. Dalam waktu dekat, destinasi wisata yang terletak di Jakarta Timur ini akan segera bisa dikunjungi kembali oleh masyakarat.

Selesainya revitalisasi ditandai dengan adanya berita acara serah terima dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kepada PT Taman Wisata Candi.

"Saat ini revitalisasi TMII secara infrastruktur sudah 100 persen rampung," ujar Direktur Eksekutif Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Emilia Nur Utari, pada Kompas.com, Rabu (02/11/2022).

Baca juga: Panduan Naik Transjakarta ke TMII

Kendati demikian, masih akan dilakukan uji coba operasional sebelum membuka sepenuhnya untuk publik.

Emilia mengatakan tanggal uji coba masih belum bisa dipastikan.

"TMII sedang melakukan persiapan untuk uji coba operasional," tuturnya.

Untuk diketahui, pengerjaan TMII ditargetkan dapat menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan pada 15-16 November 2022 mendatang.

Baca juga: Museum Batik Indonesia TMII, Punya Koleksi 860 Kain Batik Seluruh Negeri

Dikutip dari situs Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), TMII menjadi salah satu tempat yang direnovasi jelang KTT G20 sebagai wujud sarana representasi keragaman dan kekayaan potensi budaya. Adapun representasi ragam budaya Indonesia ditampilkan di anjungan-anjungan dan arsitektur destinasi tersebut.

Pada kunjungan Kompas.com ke TMII pada Rabu (31/08/2022) lalu, revitalisasi TMII baru mencapai 98% dengan setidaknya empat anjungan sudah selesai direnovasi.

Beberapa area saat itu masih terlihat sedang dikerjakan, termasuk kelengkapan trem mover yang akan menggantikan kereta layang aeromovel.

Trem Mover yang akan beroperasi di Taman Mini Indonesia IndahKOMPAS.com/Viona Pricilla Trem Mover yang akan beroperasi di Taman Mini Indonesia Indah

Dilansir dari Kompas.com, (02/11/2022), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan, renovasi yang telah rampung meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno.

Baca juga: Trem Mover Hadir di TMII, Gantikan Kereta Layang Aeromovel

Kemudian, penataan Museum Indonesia, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, gedung pengelola, dan juga lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com