Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Pasir Putih Enabara, Tempat Rehat Sejenak di Jalur Pantura NTT

Kompas.com - 04/11/2022, 19:40 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MAUROLE, KOMPAS.com - Pantai Enabara di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, jadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat tengah menjelajahi jalur Pantai utara (Pantura) di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Wisatawan bisa rehat sejenak di pantai berpasir putih ini bila sedang berada di wilayah Pantura. Misalnya dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, menuju Kabupaten Ende seperti yang Kompas.com lakukan pada Jumat (4/11/2022).

Baca juga:

"Wisatawan lokal dari Kota Maumere dan Kota Ende sering berwisata di pantai ini pada akhir pekan. Ini salah spot wisata pantai di jalur pantai utara (Pantura)," kata salah seorang warga Kabupaten Ende, Saturninus Duki, kepada Kompas.com, Jumat. 

Duki menyampaikan, nama Enabara terdiri dari dua kata, yakni "ena" yang artinya pantai dan "bara" yang artinya putih dalam bahasa Ende. 

Baca juga: 12 Desa Wisata Manggarai Timur NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budaya

Pantai Pasir putih Enabara, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Flores, NTT, Jumat, (4/11/2022) merupakan satu destinasi pantai di jalur Pantai Utara (Pantura) di Pulau Flores, NTT. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Pasir putih Enabara, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Flores, NTT, Jumat, (4/11/2022) merupakan satu destinasi pantai di jalur Pantai Utara (Pantura) di Pulau Flores, NTT. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Sementara itu, warga Kabupaten Ende lainnya, Rofinus Leonardus Ansel, mengatakan bahwa ia sering memandu tamu di Pulau Flores yang berwisata di jalur Pantura. Para tamu yang dipandunya ini selalu berwisata di Pantai Enabara.

Baca juga:

"Saat ini jalur wisata di Pantai Utara (Pantura) sangat ramai dikunjungi wisatawan asing dan Nusantara. Bahkan dari pinggir jalan Pantura, wisatawan bisa keunikan Pulau Palue," tuturnya.

Sembari beristirahat di Pantai Enabara, wisatawan bisa melihat wisatawan lokal lainnya dari beberapa kota di Pulau Flores. Ada juga kios-kios yang menyuguhkan kopi dan kelapa muda.

Baca juga: Setelah 23 Tahun, Teratai di Danau Rana Tonjong NTT Mekar Lagi pada Oktober

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com