Kompas.com - 06/11/2022, 17:05 WIB

BATU, KOMPAS.com - Rencana pembangunan kereta gantung untuk mendukung dunia pariwisata di Kota Batu, Jawa Timur segera terwujud.

Beberapa waktu lalu, perwakilan perusahaan produsen kereta gantung asal Austria, Doppelmayr Garaventa Group datang untuk memaparkan rencana tersebut dihadapan para calon investor.

Rencananya, lokasi pembangunan kereta gantung ada di Desa Oro-Oro Ombo dengan memiliki rute panjang 1 kilometer.

Baca juga: Gatotkaca Berjualan di Alun-alun Kota Batu, Sukses Pikat Wisatawan

Rute tersebut menghubungkan antara kawasan Rest Area Jalibar (Jalur Lintas Barat) dan tempat wisata air terjun Coban Rais.

Nantinya, wisatawan yang menaiki kereta gantung akan disuguhi pemandangan hamparan pegunungan.

Komisaris Utama PT Among Tani Indonesia (ATI) Tomy B Satria mengatakan, pembangunan kereta gantung ditargetkan mulai awal Januari 2023.

Sebelumnya pihaknya menargetkan pembangunan dimulai pada Agustus 2022, tetapi ada beberapa hal proses administrasi yang masih perlu diselesaikan.

"Topografi sudah selesai, tapi kami masih menyelesaikan terkait amdal dan lainnya, kami masih koordinasi dengan Perhutani karena lahannya yang digunakan dari Perhutani dan tanah kas desa, targetnya selesai tahun ini, kemudian Januari 2023 ground breaking," kata Tomy saat dihubungi via telepon pada Minggu (6/11/2022).

Kereta Gantung di Kota Batu beroperasi 2024

Targetnya, kereta gantung di Kota Batu pada tahun 2024 mendatang sudah dapat beroperasi. Estimasi kebutuhan nilai investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut sekitar Rp 100 miliar.

Sedangkan untuk konsep pendanaan tidak menggunakan APBD, atau pembangunan murni dari warga Kota Batu serta investor lain. Nantinya dana tersebut disalurkan dan dikelola melalui koperasi atau Bumdes bekerja sama dengan PT Among Tani Indonesia (ATI).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.