Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2022, 10:54 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sebanyak 30 warga Kampung Komodo dan Papagarang akan bekerja sebagai naturalist guide (pemandu naturalis) di kawasan Taman Nasional Komodo, tepatnya di Pulau Padar dan Loh Liang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebelum diterjunkan ke lapangan, naturalist guide ini menjalani pelatihan terlebih dahulu, baik dari anggota Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) maupun tenaga profesional dari Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), yang merupakan bagian dari TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan).

Baca juga: 

"Ada beberapa materi yang kami ajarkan, yakni wawasan kebangsaan, konservasi, tugas-tugas naturalist guide, pengenalan satwa, monitoring, monitoring lingkungan, pembacaan peta, patroli darat, penggunaan peralatan navigasi darat (GPS dan Kompas)," jelas Koordinator TWNC sekaligus mentor pelatihan, Saptono, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Ia melanjutkan, para peserta juga menerima pelatihan soal public speaking guna mengetahui tata cara, sikap badan, dan tata krama saat melayani para wisatawan.

Foto : Warga Kampung Komodo dan Papagarang akan bekerja sebagai naturalis guide di sejumlah destinasi wisata di Taman Nasional Komodo yakni Pulau Padar dan Loh Liang di Pulau Komodo.Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Warga Kampung Komodo dan Papagarang akan bekerja sebagai naturalis guide di sejumlah destinasi wisata di Taman Nasional Komodo yakni Pulau Padar dan Loh Liang di Pulau Komodo.

Sebagai informasi, dikutip dari laman Golden Galapagos, naturalist guide bertanggung jawab memberi pengetahuan soal suatu kawasan, dan umumnya lahir dan besar di kawasan itu.

Dari segi materi wawasan kebangsaan, para peserta belajar banyak hal, mulai dari kepedulian lingkungan hingga komodo beserta habitatnya, termasuk budaya serta kearifan lokal yang layak disampaikan kepada wisatawan.

Baca juga: Menerbangkan Drone di Kawasan TN Komodo Harus Punya Surat Izin

 

Materi lainnya yang diberikan adalah pengetahuan dasar saat melaksanakan patroli laut. Selain belajar membaca peta dan koordinat, peserta pelatihan juga belajar tentang pola pendekatan saat menghadapi sebuah masalah.

Saptono juga membagikan pengalamannya terkait pengetahuan yang diperlukan saat melakukan patroli hutan. 

"Materi polhut (polisi kehutanan) yang saya berikan di antaranya patroli, strateginya seperti apa saja, membaca peta kawasan, seperti apa cara membaca petanya, misalnya laporan koordinatnya bagaimana biar cepat dan di sini juga diajarkan pertolongan pertama pada (keadaan) gawat darurat," terangnya.

"Misalnya (ada wisatawan) pingsan, SOP (prosedur operasi standar) pertama adalah dibawa ke tempat teduh, baju yang rapat harus dilonggarkan. Pingsan rata-rata karena kekurangan oksigen, itu jangan sampai ketutup, biarkan udara masuk atau minimal dikipasi," imbuhnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+