Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Wisata Dekat Museum Taman Prasasti, Ada Monas

Kompas.com - 07/11/2022, 12:25 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Museum Taman Prasasti mengoleksi beragam batu nisan dengan kisah di baliknya, sehingga cocok pagi wisatawan pencinta sejarah.

Museum ini beralamat di Jalan Tanah Abang I Nomor 1, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Letaknya di antara kantor Wali Kota Jakarta Pusat dan Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Baca juga: Museum Taman Prasasti Jakarta: Jam Buka, Tiket Masuk, dan Aktivitas

Setelah menghabiskan waktu di museum ini, ada banyak tempat wisata lainnya di dekatnya yang bisa dikunjungi baik dengan berjalan kaki maupun naik kendaraan. Berikut beberapa yang Kompas.com rangkum:

Wisata dekat Museum Taman Prasasti 

1. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional di Jakarta Pusat.SHUTTERSTOCK/SAIKO3P Museum Nasional di Jakarta Pusat.

Museum Nasional Indonesia berjarak cukup dekat dari Museum Taman Prasasti, yakni 750-850 meter, sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki selama hampir 15 menit. 

Museum yang memiliki patung gajah di halaman depannya ini mengoleksi berbagai benda yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Indonesia, mulai dari arca hingga senjata tradisional. 

Baca juga: Museum Nasional Larang Pengunjung Foto Pakai Kamera Profesional

2. Monumen Nasional (Monas)

Ilustrasi Monumen Nasional (Monas). Monas dibuka lagi per Kamis (16/06/2022), meskipun masih dalam periode uji coba pembukaan.SHUTTERSTOCK/GALINA SAVINA Ilustrasi Monumen Nasional (Monas). Monas dibuka lagi per Kamis (16/06/2022), meskipun masih dalam periode uji coba pembukaan.

Monumen Nasional atau Monas juga berlokasi tidak terlalu jauh dari Museum Taman Prasasti. Wisatawan bisa berjalan kaki sejauh kira-kira 850 meter, atau berkendara sejauh kira-kira 1,6 kilometer.

Selain tamannya yang luas untuk aneka kegiatan, Monas juga memiliki museum yang salah satu koleksinya adalah diorama peristiwa penting di Indonesia. 

Baca juga: 11 Wisata di Monas, Bisa Lihat Diorama dan Nikmati Panorama Jakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com