Kompas.com - 07/11/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Pada Hari Perhubungan Nasional 2022 pada 13 September, Lion Air Group meluncurkan fitur check-in di aplikasinya, yakni Batik Air dan Lion Air. Fitur ini akan memudahkan check-in mandiri penumpang.

“Tak perlu repot-repot lagi melakukan check-in di bandara, serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers yang Kompas.com terima (06/11/2022).

Baca juga: Ketinggalan Pesawat Lion Air Group Bisa Refund Tiket, Ini Caranya

Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui smartphone masing-masing. Jika mengunduh aplikasi resmi, penumpang bisa mendapatkan bagasi gratis sebesar dua kilogram.

Cara check-in di aplikasi Lion Air Group

Adapun cara check-in melalui aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lion Air atau Batik Air dan pilih menu Online Check-in
  2. Masukkan kode pemesanan (booking reference number/PNR) di tiket yang terdiri 6 karakter, yaitu 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) penumpang
  3. Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan, seperti apakah barang tersebut tergolong barang berbahaya atau tidak.
  4. Klik “Lanjut” (continue) untuk melanjutkan proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom).

Setelah menjalani empat langkah tersebut, proses check-in penerbangan Lion Air Group pun selesai.

Lion AirDokumentasi Lion Air Group Lion Air

Syarat check-in pesawat Lion Air Group

Selain itu, terdapat beberapa ketentuan yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan check-in mandiri secara daring melalui aplikasi Lion Air atau Batik Air. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Penumpang yang memiliki tiket penerbangan Lion Air Group rute dalam negeri.
  2. Penumpang secara personal (perseorangan) atau maksimal 10 orang (group booking)
  3. Dapat dilakukan 2 - 6 jam sebelum keberangkatan.
  4. Berada di ruang tunggu (waiting room) terminal bandara 40 menit sebelum keberangkatan

Baca juga: Cara Check-In Online Lion Air dan Batik Air Lewat Aplikasi

Fasilitas check-in online ini tidak berlaku bagi penumpang yang melakukan group booking lebih dari 10 orang, akan melakukan penerbangan lanjutan dengan maskapai berbeda, bayi di bawah usia 2 tahun, dan penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara.

Penumpang dengan bantuan khusus meliputi, penumpang kondisi hamil, anak-anak usia di bawah 12 tahun yang melakukan perjalanan sendiri, dan penumpang yang memerlukan kursi roda, stretcher case atau tempat tidur khusus, serta penumpang yang membutuhkan alat pegangan khusus lainnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Setelah melakukan check-in melalui aplikasi, penumpang akan menerima boarding pass digital.

Boarding pass digital tersebut berisikan nomor penerbangan, kode batang untuk dipindai di bandara, waktu keberangkatan, gate atau nomor pintu ruang tunggu, terminal keberangkatan, kode reservasi atau booking, nama penumpang, nomor kursi penumpang, serta batas berat bagasi tercatat atau bagasi kabin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.