Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 10 November di Indonesia diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya.

Sebab pada hari bersejarah itu, tepatnya 10 November 1945 terjadi pertempuran pertama Indonesia dengan pasukan penjajah.

Pertempuran Surabaya itu menjadi salah satu medan perang terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Baca juga:

Itulah mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Lantas, apakah Hari Pahlawan merupakan libur tanggal merah?

Tanggal 10 November bukan tanggal merah

Berdasarkan ketetapan pemerintah dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terkait hari libur nasional 2022, Hari Pahlawan 10 November 2022 bukan termasuk tanggal merah atau hari libur nasional.

Dalam SKB yang terdiri atas SK Menteri Agama Nomor 678 Tahun 2022, SK Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022, serta SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 2 Tahun 2022 itu, libur nasional tahun ini sudah habis.

Baca juga: Rute Menuju Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman di Purbalingga

Sisa tanggal merah tahun 2022 hanyalah di tanggal 25 Desember, tepatnya Hari Natal yang jatuh pada hari Minggu. Dengan begitu, tidak ada hari libur nasional pada 10 November 2022 nanti.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022

Umumnya, Hari Pahlawan 10 November akan diwarnai dengan sejumlah kegiatan untuk mengenang serta menghormati jasa dan perjuangan para pahlawan dalam merebut atau mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Saat Memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Kompleks Monumen Tugu Pahlawan Jl Pahlawan Surabaya, Rabu (2021/11/10).KOMPAS.COM/MUCHLIS Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Saat Memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Kompleks Monumen Tugu Pahlawan Jl Pahlawan Surabaya, Rabu (2021/11/10).

Salah satu kegiatan tersebut berupa upacara bendera di instansi pemerintah dan non-pemerintah, baik pusat, daerah, maupun luar negeri melalui Kantor Perwakilan RI.

Tak hanya itu, upacara bendera peringatan Hari Pahlawan juga biasa digelar di sekolah-sekolah.

Baca juga: Hari Pahlawan, Begini Sejarah Taman Makam Pahlawan Kalibata

Sementara, mengutip Kompas.com (7/11/2022), adapun kegiatan utama dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di pusat, mencakup:

  • Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata pada 10 November 2022 pukul 08.00 WIB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
  • Upacara Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November 2022 pukul 08.00 WIB di Perairan Teluk Jakarta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
  • Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+