Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

981 Wisatawan Kunjungi Desa Wisata Golo Loni NTT hingga November 2022

Kompas.com - 09/11/2022, 12:06 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

GOLO LONI, KOMPAS.com - Sebanyak 981 wisatawan Nusantara dan mancanegara mengunjungi Desa Wisata Golo Loni di Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga awal November 2022. 

Kepala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes Okalung, mengatakan bahwa dari angka itu, 743 orang mengikuti wisata river tubing, 160 orang menginap di homestay Golo Loni, dan 78 orang berwisata di spot memancing ikan air tawar di kolam di tengah sawah.

Baca juga:

"Dari data ini, wisatawan sangat suka dengan wisata river tubing di alam bebas di daerah aliran sungai (DAS) Wae Dingin. Beberapa waktu lalu sempat tutup sementara untuk wisata river tubing karena cuaca hujan yang tinggi tapi kini sudah dibuka lagi," jelas Okalung melalui telepon kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2022).

Data tersebut, menurutnya, menunjukkan perkembangan pariwisata di Desa wisata Golo Loni, sekaligus memberi harapan bagi peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat dan usaha kecil menengah.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, River Tubing di Desa Golo Loni NTT Ditutup Sementara

Para siswa dan siswi SMK Cinta Damai Manggarai Timur, NTT mengadakan study tour di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT awal November 2022. (DOK/KADES GOLO LONI/YOHANES OKALUNG)DOK/KADES GOLO LONI/YOHANES OKALUNG Para siswa dan siswi SMK Cinta Damai Manggarai Timur, NTT mengadakan study tour di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT awal November 2022. (DOK/KADES GOLO LONI/YOHANES OKALUNG)

Ia menambahkan, pasca-pandemi Covid-19, tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan di Manggarai Timur yakni Desa Wisata Golo Loni.

"Saya bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni terus menata obyek wisata dan mempromosikan spot-spot lainnya di wilayah Desanya, baik alam, budaya, kuliner dan atraksi budaya," ujarnya.

Baca juga:

Selain itu, belum lama ini, SMK Cintai Damai Manggarai Timur mengadakan study tour di sejumlah lokasi wisata di desa tersebut. 

"Selama study tour, siswa dan siswi bersama para pendidik dipandu oleh anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni untuk menerangkan spot-spot tersebut," jelasnya.

Baca juga: Wisata di Kota Ruteng NTT, Banyak Tempat Menarik untuk Dikunjungi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com