Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Pentas Musikan di Keraton Yogyakarta Digelar Offline

Kompas.com - 09/11/2022, 18:35 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Keraton Yogyakarta akan menggelar Pentas Musikan Mandalasana pada Kamis (10/11/2022) pukul 10.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Kali ini, pentas bakal menampilkan Abdi Dalem Musikan yang tergabung dalam tim ensembel tiup Yogyakarta Royal Orchestra di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadininingrat.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Yogyakarta, Kerajaan Besar yang Pecah Jadi 2

"Setelah sekian lama mengadakan Pentas Musikan secara daring dan hibrida, serta berpentas di beberapa tempat berbeda, pada peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022 kali ini, teman-teman Abdi Dalem Musikan kembali ke 'rumahnya' yaitu di Bangsal Mandalasana Keraton Yogyakarta, dengan pementasan full luring," ujar KPH Notonegoro selaku penghageng Kawedanan Kridhamardawa, Rabu (09/11/2022).

Dalam pentas tersebut akan dihadirkan lagu-lagu bertema kebangsaan dan perjuangan, seperti Indonesia Raya, Gati Mardawa, Pada Pahlawan, Gugur Bunga, Maju Tak Gentar, dan Bagimu Negri.

Akan dibawakan pula Medley Persatuan atau medley lagu Dari Sabang Sampai Merauke, Bhineka Tunggal Ika, dan Garuda Pancasila.

Baca juga: 9 Wisata Malam Yogyakarta yang Romantis dan Murah Meriah

Bisa disaksikan umum

Acara ini dapat dihadiri masyarakat umum dengan membeli tiket wisata Museum Kedhaton Keraton Yogyakarta dan tidak memerlukan reservasi.

Tiket dapat dibeli di area Keben dengan harga Rp 8.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara.

"Dengan pementasan secara luring ini, kami harap kerinduan masyarakat dalam menyaksikan pentas musik di dalam keraton secara langsung bisa terobati dan tetap kami imbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama menyaksikan pementasan," tutup KPH Notonegoro.

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Meski diselenggarakan secara luring atau offline, Pentas Musikan Mandalasana nantinya juga akan dirilis di kanal YouTube Kraton Jogja, Album Concerto Nusantara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com