Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Banda Neira, Simak Panduan Lengkap Transportasinya

Kompas.com - 10/11/2022, 15:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banda Neira yang dijuluki sebagai Surga dari Timur sudah lama dikenal akan keindahan dan kekayaan alamnya.

Neira, salah satu dari 11 gugusan pulau di kepulauan Banda ini memang menjadi destinasi incaran bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Selain kaya akan sejarah kolonialisme yang dulu berebut rempah-rempah, Banda juga dianugerahi lautan yang indah dan cocok untuk kegiatan menyelam.

Baca juga:

Sayangnya, untuk menuju daerah kepulauan yang terletak di Kabupaten Maluku, Provinsi Maluku ini memang cukup menantang.

Sebab, jaraknya termasuk jauh, dengan pilihan transportasi terbatas, serta informasi resmi di internet yang masih sedikit. Hal ini seringkali menyebabkan wisatawan masih ragu-ragu untuk pergi ke sana.

Panduan lengkap transportasi ke Banda Neira

Oleh karena itu, berikut panduan transportasi menuju Banda Neira yang Kompas.com rangkum saat bepergian ke sana pada akhir Oktober 2022.

Sebagai catatan, jadwal dan kesediaan transportasi menuju Banda Neira bisa mengalami perubahan, sehingga harus dicek kembali sebelum keberangkatan.

Penerbangan dari Jakarta ke Ambon

Sebelum melanjutkan dengan moda transportasi yang lain, wisatawan dari kota mana pun harus tiba terlebih dahulu di Ambon, ibu kota Provinsi Maluku. 

Bandara Internasional Pattimura di Ambon, Maluku. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Bandara Internasional Pattimura di Ambon, Maluku.

Jika diasumsikan berangkat dari Jakarta, ada beberapa pilihan maskapai langsung maupun transit yang melayani penerbangan ke Ambon, di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, dan Lion Air.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Ambon, Bisa ke Mana Saja?

Harga tiket pesawat tanpa transit dari Jakarta menuju Ambon paling murah adalah mulai Rp 2 jutaan untuk satu kali jalan dengan durasi kurang lebih 3 jam 40 menit.

Penyeberangan dari Ambon ke Banda Neira

Seperti disampaikan sebelumnya, Banda Neira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, Maluku Tengah.

Pelabuhan Banda Neira untuk tempat naik dan turun penumpang kapal. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pelabuhan Banda Neira untuk tempat naik dan turun penumpang kapal.

Pulau ini merupakan pusat administratif yang memiliki pelabuhan dan bandara tersendiri. Meski tidak terlalu besar, Banda Neira menjadi tempat berlabuhnya moda transportasi massal, seperti kapal laut dan pesawat perintis. 

Untuk diketahui, kapal cepat Bahari Express 2B yang dulu melayani rute Ambon-Banda, sudah tidak beroperasi sejak 2019. Oleh karena itu, berikut tiga opsi transportasi Ambon - Banda yang bisa digunakan:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com