Kompas.com - 10/11/2022, 17:11 WIB

KOMPAS.com - Kawasan Kota Tua akan menggelar festival permainan tradisional anak pada 12-13 November 2022.

Berbagai permainan tradisional tersebut bisa dijajal secara gratis mulai pukul 08.00-19.00 WIB, sebagai gelaran dari Chimiland Lemonilo 2022.

"Kami ingin mengenalkan permainan tradisional untuk anak, karena kami melihat sekarang ini jarang banget anak-anak main permainan tradisional," kita Community Manager Lemonilo, Tira Hardaning di Kota Tua, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: 7 Kafe di Kota Tua Jakarta, buat Pilihan Nongkrong

Diharapkan, lewat acara ini anak dan orangtua bisa membangun kerja sama yang kuat.

Adapun sembilan permainan tradisional yang akan dihadirkan meliputi rangku alu, gasing, kapal otok-otok, engklek, lompat tali, congklak, petak umpet, petak jongkok, dan bola bekel.

Ilustrasi permainan tradisional engklek. Permainan tradisional ini akan dihadirkna dalam festival di Kota Tua, Jakarta Barat, 12-13 November 2022.SHUTTERSTOCK/SPOTTERS_STUDIO Ilustrasi permainan tradisional engklek. Permainan tradisional ini akan dihadirkna dalam festival di Kota Tua, Jakarta Barat, 12-13 November 2022.

Tak hanya itu, anak-anak juga bisa mengikuti lomba mewarnai dan walking tour alias tur jalan kaki bersama orangtua ke sejumlah destinasi di Kotatua bersama Jakarta Good Guide.

"Satu hari ada tiga sesi tur, sekitar 10 menit jalan kaki," ucap Chief Operational Officer Jakarta Good Guide, Indra.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua Jakarta, Ini 5 Hal Baru yang Bisa Ditemukan

Walking tour ini akan mengajak orangtua dan anak untuk melihat sejarah di balik gedung-gedung kuno di kawasan Kota Tua.

Cara ikut permainan tradisional dan mewarnai gratis

Lokasi permainan tradisional ini ada di sekitar Jalan Lada, tepatnya di depan Museum Keramik dan di dekat Museum Sejarah Jakarta.

Bagi anak yang ingin mengikuti permainan tradisional dan mewarnai secara gratis bisa langsung mendaftar ke petugas yang ada di tempat.

Baca juga: Ke Kota Tua Naik Transjakarta, Cuma Bayar Rp 3.500

Sedangkan untuk peserta walking tour dapat mendaftar terlebih dulu di Instagram Jakarta Good Guide, karena pendaftaran dibuka per sesi.

Nantinya, anak akan diberi semacam kartu pass yang bisa diisi stempel setiap kali berhasil menyelesaikan satu permainan.

"Kartu pass, nanti akan ada stempel yang didapat setiap berhasil melewati satu permainan. Lima stempel bisa ditukar dengan satu bungkus snek Chimiland Ubi," pungkas Tira.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.