Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Naik Kapal Bahtera Nusantara 02 dari Ambon ke Banda Neira

Kompas.com - 10/11/2022, 18:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banda Neira adalah salah satu pulau dari gugusan kepulauan di Banda, Maluku Tengah.

Untuk menyebrang ke Banda Neira dari Ambon, salah satu opsi transportasi yang bisa dipilih adalah KMP Bahtera Nusantara 02.

Kapal Motor Penyeberangan atau KMP merupakan tipe kapal yang digunakan sebagai angkutan penyeberangan antar pulau yang mengangkut kendaraan, barang, dan penumpang.

Baca juga: Liburan ke Banda Neira, Simak Panduan Lengkap Transportasinya

Kapal ini berangkat dari Ambon menuju Banda, lanjut lagi ke Kota Tual, dan sebaliknya. Perjalanan dari Ambon ke Banda sendiri berjarak sekitar 214 kilometer dan berdurasi kurang lebih 10 jam dengan kapal. 

Selain mampu mengangkut hingga 400 orang penumpang, KMP Bahtera Nusantara 02 juga memiliki kapasitas maksimal menampung 29 unit kendaraan campuran, yaitu 19 unit truk besar dan 10 unit kendaraan roda empat. 

Suasana Pelabuhan di Banda Neira dengan latar belakang KMP Bahtera Nusantara 02 yang berlabuh. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana Pelabuhan di Banda Neira dengan latar belakang KMP Bahtera Nusantara 02 yang berlabuh.

Harga dan cara membeli tiket

Sebagai informasi, calon penumpang bisa membeli tiket keberangkatan di loket penjualan yang berlokasi di Jalan Wem Reawaru, No 98, Sirimau, Kota Ambon, atau tepatnya di samping Gedung Kantor Gubernur Maluku, seperti dikutip Tribunnews.com

"Beli tiket di agen penjualan, kalau online belum bisa," ujar Nahkoda KMP Bahtera Nusantara 02 bernama Mahmud Malawat, kepada Kompas.com, Sabtu (30/10/2022). 

Lebih lanjut, kata dia, kapal yang baru diluncurkan pada 2020 ini menyediakan beberapa variasi tiket sesuai fasilitas.

Baca juga: Itinerary Seharian di Banda Neira, Belajar Sejarah di Desa Nusantara

Kursi Ekonomi di dalam KMP Bahtera Nusantara 02 yang melayani rute Ambon-Banda-Tual. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kursi Ekonomi di dalam KMP Bahtera Nusantara 02 yang melayani rute Ambon-Banda-Tual.

Pertama, ada kursi Ekonomi berbentuk layaknya kursi pesawat, yang berada di satu area terbuka dengan fasilitas TV, stop kontak, dan kamar mandi umum. Tiketnya mulai Rp 145.000 per orang dewasa dan Rp 100.000 untuk anak. 

Lalu, ada juga ranjang susun (bunk bed) yang berada di satu area lainnya, dengan fasilitas stop kontak dan lemari kecil untuk menyimpan barang bawaan. Harga tiketnya Rp 190.000 per orang. 

Baca juga: Sensasi Menyelam di Lava Flow, Spot Diving Ikonik Banda Neira

Terakhir, ada kabin privat atau kamar VIP yang ketersediaannya sangat terbatas, seharga Rp 745.000.

Untuk kamar ini, Mahmud menjelaskan, hanya terdapat tiga kamar yang masing-masing berkapasitas empat orang. Fasilitas dalam satu kamar itu ada empat ranjang, kamar mandi, TV, dan AC.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com