Kompas.com - 10/11/2022, 22:24 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Kegiatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah melakukan berbagai persiapan, termasuk penyambutan para delegasi negara. 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama menuturkan, para delegasi KTT G20 akan disambut Tari Pendet ketika sampai di bandara. Selanjutnya, para tamu akan diantar ke hotel masing-masing menggunakan kendaraan listrik. 

Baca juga: Pura Uluwatu dan Tari Kecak Bali Tetap Buka Selama Presidensi G20

"Ada (delegasi) yang datang pada 13 November, ada yang 14 November. Kendaraan listrik akan mengantar ke hotel masing-masing untuk bersiap memulai perhelatan ini," ujar Setya dalam keterangan resmi dikutip, Kamis (10/11/2022). 

Tari Pendet cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya warga Bali. Ketenaran tari tradisional Bali ini tidak kalah dengan Tari Kecak atau Tari Barong. 

Baca juga: 2.500 Penjor Akan Menyambut Delegasi KTT G20 di Bali, Ini Maknanya

Fakta Tari Pendet 

Ada sejumlah fakta Tari Pendet yang menarik untuk diketahui seperti dirangkum oleh Kompas.com berikut ini. 

1. Tarian sakral 

Seperti disampaikan sebelumnya, Tari Pendet merupakan tarian tradisional Provinsi Bali. Mulanya, tarian ini merupakan tarian sakral wali atau persembahan umat Hindu ketika sembahyang di pura-pura, seperti dikutip dari laman Gramedia

Seiring perkembangan zaman sekaligus mempertahankan eksistensinya, maka sejumlah seniman mengembangkan Tari Pendet. 

Baca juga: Hotel di Bali Penuh Jelang KTT G20, Tak Cuma di Nusa Dua

Maestro seni tari dari Bali bernama I Wayan Rindi beserta temannya bernama Ni Ketut Reneng, berhasil mengembangkan gerakan Tari Pendet. 

Tanpa menghilangkan nilai sakral, kedua maestro tersebut memasukkan unsur Tari Pendet Dewa ke dalam Tari Pendet yang populer hingga saat ini.

Tari Pendet berasal dari Bali. Tari Pendet adalah tari tradisional kreasi yang sangat terkenal era 1970 an hingga 1980 anencyclopedia.jakarta-tourism.go.id Tari Pendet berasal dari Bali. Tari Pendet adalah tari tradisional kreasi yang sangat terkenal era 1970 an hingga 1980 an

2. Makna Tari Pendet

Mulanya, makna Tari Pendet adalah ungkapan rasa syukur, penghormatan, dan penyambutan kepada dewata yang turun ke bumi dalam upacara atau sembahyang umat Hindu.  

Baca juga: Jelang KTT G20, Bandara Ngurah Rai Bali Dipersolek dengan Karya Seni

Mengutip Kompas.com (22/12/2021), Tari Pendet juga bermakna pemujaan kepada dewa yang berdiam di pura selama upacara berlangsung.

Tari Pendet biasanya dipentaskan di halaman pura (jeroan) atau halaman tengah (jaba tengah). 

Setelah dikembangkan oleh para maestro tari, maka makna Tari Pendet pun turut berkembang. 

Baca juga: Pelabuhan Gilimanuk Bali Dilengkapi Teknologi Face Recognition Jelang KTT G20

Makna tarian yang semula terbatas sebagai bentuk pemujaan, kini berkembang menjadi balih-balihan atau tari hiburan. Oleh sebab itu, Tari Pendet banyak dipentaskan dalam penyambutan tamu sebagai tarian selamat datang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.