Kompas.com - 11/11/2022, 11:50 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan 11 bandara pendukung untuk lokasi penempatan pesawat VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 di Bali. Seluruh bandara ini akan beroperasi 24 jam selama perhelatan G20.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (11/11/2022), keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Baca juga:

"SE ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pengaturan penerbangan mulai dari kedatangan sampai keberangkatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta meminimalisir dampak gangguan terhadap pelayanan penerbangan selama rangkaian kegiatan penyelenggaraan KTT G20 Indonesia," kata Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/11/2022).

Berikut kesebelas bandara yang dimaksud:

Bandara pendukung untuk pesawat VVIP KTT G20

1. Bandara Zainuddin Abdul Madjid

Suasana penumpang pesawat di bandara Lombokhumas Bandara lombok Suasana penumpang pesawat di bandara Lombok

Bandara Zainuddin Abdul Madjid yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), ini disebut juga sebagai Bandara Internasional Pulau Lombok.

Bandara Internasional Lombok merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang juga turut mendukung program lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata (DPSP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dikutip dari Kompas.com, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Pura Uluwatu dan Tari Kecak Bali Tetap Buka Selama Presidensi G20

Saat ini bandara tersebut akan digunakan sebagai salah satu bandara pendukung bagi VVIP G20, dan akan beroperasi selama 24 jam penuh selama penyelenggaraan G20 2022.

2. Bandara Juanda Surabaya

Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.SHUTTERSTOCK / structuresxx Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Bandara Internasional Juanda Surabaya yang terletak di Sidoarjo, Jawa Timur, ini juga jadi salah satu lokasi yang dipersiapkan untuk parkir pesawat VVIP para kepala negara yang akan menghadiri KTT G20.

Baca juga: Pelabuhan Gilimanuk Bali Dilengkapi Teknologi Face Recognition Jelang KTT G20

Beberapa fasilitas yang tersedia, di antaranya berbagai toko oleh-oleh, Concordia Blue Sky Internasional Lounge, berbagai gerai makanan cepat saji, minimarket, Garuda Executive Lounge, aneka kafetaria, dan gerai pusat kecantikan.

3. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)

Ilustrasi area keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA di Kulon Progo, Yogyakarta, pada Sabtu (18/12/2021).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Ilustrasi area keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA di Kulon Progo, Yogyakarta, pada Sabtu (18/12/2021).

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan ke pusat Kota Yogyakarta.

Beberapa fasilitas penunjang di antaranya berupa aneka restoran, toko oleh-oleh, dan butik pakaian. Tersedia juga sejumlah spot Instagramable buat wisatawan yang berburu foto ciamik.

Baca juga: Jelang KTT G20, Bandara Ngurah Rai Bali Dipersolek dengan Karya Seni

4. Bandara Soekarno-Hatta

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di Tangerang, Banten, ini terdiri dari tiga terminal. Calon penumpang pesawat wajib memperhatikan terminal keberangkatan dan kedatangan mereka, berdasarkan rute dan maskapai. 

Beberapa fasilitas yang tersedia, antara lain digital lounge, coworking spacecharging booth untuk mengisi daya ponsel, hotel bandara, aneka gerai duty free, tempat penukaran uang, dan akses layanan kereta bandara.

Baca juga: Spot Selfie Enjung Galuh di Tanah Lot Dipercantik Jelang G20

5. Bandara Sultan Hasanuddin

Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar berhasil memenangkan penghargaan Best Airport di kawasan Asia Pasifik versi ASQ Awards 2021. SHUTTERSTOCK/M RINANDAR TASYA Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar berhasil memenangkan penghargaan Best Airport di kawasan Asia Pasifik versi ASQ Awards 2021.

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin terletak di Kecamatan Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

Para calon penumpang pesawat bisa menikmati aneka fasilitas yang ada, di antaranya restoran, kafetaria, toko oleh-oleh, ATM center, kafe, lounge, dan toko pakaian.

Baca juga: Produk Halal Khas Indonesia Hadir di KTT G20 di Bali

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.