Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2022, 11:36 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dusun Salju adalah wahana baru yang lokasinya berada di dalam kawasan Dusun Semilir, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Buka sejak 18 Juli 2022, Dusun Salju menawarkan pengalaman bermain bola-bola salju dan perosotan es untuk semua usia dengan suhu lima sampai dengan 10 derajat Celsius.

Baca juga:

Salju yang ada di dalam pun berasal dari butiran-butiran es yang menyerupai salju asli, sehingga pengunjung bisa merasakan langsung sensasinya.

"Kalau saljunya itu memang dari es, kami ada mesinnya. Jadi di dalam pengunjung bisa main perosotan, main bola-bola salju, bisa foto-foto juga," kata Public Relations Dusun Semilir, Ela Setiya Winanda saat dihubungi Kompas.com, Kamis (10/11/2022).

Panduan berkunjung ke Dusun Salju Semarang

Sebelum berkunjung ke Dusun Salju, agaknya penting menyimak panduan berikut agar jalan-jalanmu nyaman dan menyenangkan.

1. Jam buka dan pembelian tiket

Terletak di kawasan Dusun Semilir, jam buka Dusun Salju juga menyesuaikan dengan wahana lain di sana, yakni buka setiap hari pukul 09.00-18.00 WIB pada hari biasa (Senin-Jumat). Sementara pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu, buka pukul 08.00-20.00 WIB.

Wahana Dusun Salju di Dusun Semilir, Semarang, jawa Tengahdokumentasi Dusun Salju Wahana Dusun Salju di Dusun Semilir, Semarang, jawa Tengah

Adapun harga tiket masuk ke wahana Dusun Salju untuk Senin-Jumat Rp 75.000, Sabtu-Minggu Rp 85.000. Tiket ini belum termasuk harga masuk ke Dusun Semilir, yakni Rp 30.000 saat hari biasa dan Rp 40.000 saat akhir pekan.

Agar lebih murah, kamu bisa membeli paket hemat (Dusun Semilir dan Dusun Salju) dengan harga Rp 65.000 saat hari biasa, dan Rp 90.000 saat akhir pekan.

Baca juga: 7 Penginapan dan Hotel Dekat Dusun Semilir, Ada Resor Keluarga

Harga tiket sudah termasuk akses masuk Dusun Semilir dan wahana Dusun Salju. Tiket bisa dibeli langsung di lokasi, dengan berbagai metode pembayaran, baik tunai, debit, maupun pindai QR.

2. Akses menuju Dusun Salju

Untuk mencapai wahana Dusun Salju, kamu harus jalan beberapa meter dari parkiran pintu masuk Dusun Semilir.

"Dusun Salju ini ada di area pelataran Dusun Semilir. Akses transportasi dan kendaraan pribadi itu sampai di parkiran aja, baru dilanjutkan berjalan kaki ke wahana Dusun Salju, dan wahana lain," terang Ela.

Bagi yang tidak kuat berjalan kaki, pengelola juga menyewakan sejenis golf car, dengan tarif Rp 120.000-Rp 150.000, dengan kapasitas empat dan delapan orang.

Sedangkan untuk mencapai Dusun Semilir, lokasinya pun terbilang strategis, yakni sekitar satu kilometer dari exit tol Ungaran-Bawen.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

"Kita ada di tengah-tengah. Jadi kalau akses, misal naik bus bisa turun di terminal, kalau kendaraan pribadi dari exit tol hanya berjarak sekitar satu kilometer sudah sampai di Dusun Semilir," tuturnya.

3. Mengisi kartu makan dengan uang tunai

Usai puas bermain salju, kegiatan bisa dilanjutkan dengan menyantap kudapan ringan yang tersedia di sejumlah gerai yang ada di sekitar gedung Dusun Salju. Harganya dibanderol mulai Rp 10.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com