Kompas.com - 13/11/2022, 06:35 WIB

KOMPAS.com – Menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022, ribuan pinandita melakukan doa bersama di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Bali, pada Rabu (26/10/2022).

Acara doa bersama tersebut tepatnya dihadiri oleh 1.200 orang pinandita dan puluhan pemimpin agama lainnya. Diharapkan KTT G20 berjalan dengan lancar dan aman.

Baca juga:

"1.000 ini tersebar, tidak terpusat karena di masing-masing daerah itu kan ada piodalan (upacara keagamaan) jadi tidak semua harus ke sana," ujar Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, I Nyoman Kenak, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu.

Apa bedanya pandita dengan pinandita?

Di Bali, pinandita dipandang sebagai rohaniwan agama Hindu bersama dengan pandita. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Kata "pandita", yang berasal dari bahasa sanskerta, bisa diterjemahkan menjadi pendeta atau brahmana. Maka, pandita disandangkan kepada seseorang yang berpengetahuan dan berkemampuan ihwal ilmu pengetahuan suci Veda dan bersifat arif bijaksana.

Baca juga: Pura Uluwatu dan Tari Kecak Bali Tetap Buka Selama Presidensi G20

Di sisi lain, pinandita berasal dari kata “pandita” yang mendapatkan sisipan "in". Dilansir dari situs web PHDI, pinandita artinya orang yang dipersiapkan untuk menjadi pandita.

Halaman:
Baca tentang
Sumber PHDI


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.