Kompas.com - 13/11/2022, 11:04 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Kabupaten Cilacap merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menyimpan banyak potensi wisata. 

Wisata di Cilacap terbilang lengkap mulai dari pantai, air terjun, dataran tinggi, hutan mangrove, wisata sejarah, dan sebagainya. Selain wisata alam, Cilacap juga menawarkan sejumlah tempat wisata yang instagramable

Baca juga: 12 Wisata Pantai di Cilacap Paling Hits, Cocok untuk Liburan

Selain itu, Kabupaten Cilacap juga memiliki pulau yang terkenal yakni Pulau Nusakambangan.

Meskipun memiliki kesan menyeramkan karena terdapat lembaga pemasyarakatan (lapas), namun Pulau Nusakambangan juga memiliki sejumlah pantai pasir putih yang indah. 

Baca juga: 15 Wisata Cilacap Instagramable yang Wajib Dikunjungi 

Daftar tempat wisata Cilacap lengkap

Berikut daftar tempat wisata di Cilacap seperti dihimpun Kompas.com. Destinasi wisata tersebut bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan. 

1. Pantai Teluk Penyu  

Ratusan perahu bersandar di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (6/4/2022).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Ratusan perahu bersandar di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (6/4/2022).

Pantai Teluk Penyu merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Cilacap. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih dua kilometer dari pusat pemerintahan, tepatnya di Kecamatan Cilacap Selatan. 

Mengutip laman Wisata Cilacap, pemandangan khas pantai ini adalah panorama Pulau Nusakambangan dan kapal tanker pengangkut minyak PT Pertamina (Persero). 

Selain itu, Pantai Teluk Penyuk mempunyai pasir bersih serta ditumbuhi banyak pepohonan, sehingga menciptakan suasana teduh bagi para pengunjung.

Baca juga: 7 Wisata Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Eksotis

2. Pantai Cemara Sewu 

Pantai Cemara Sewu di Kabupaten CilacapDok. https://wisata.cilacapkab.go.id Pantai Cemara Sewu di Kabupaten Cilacap

Tak hanya Yogyakarta, Kabupaten Cilacap juga memiliki Pantai Cemara Sewu. Sesuai namanya, pantai ini mempunyai barisan pohon cemara yang rindang dan rimbun tempat berteduh wisatawan. 

Pohon cemara yang tumbuh di Pantai Cemara Sewu adalah jenis cemara udang dengan ketinggian 65 sampai dengan 90 meter. 

Mengutip situs Wisata Cilacap, pantai ini juga disebut dengan nama Pantai Jetis oleh masyarakat sekitar. Lokasi Pantai Cemara Sewu berada Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. 

3 Pantai Karangpakis

Mengutip situs Visit Jawa Tengah, Pantai Karangpakis memiliki bibir pantai yang landai dan luas. Para pengunjung baik anak-anak hingga dewasa dapat bermain di tepian pantai sembari menikmati semilir angin pantai

Oleh sebab itu, Pantai Karangpakis menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat setempat untuk berwisata di akhir pekan atau hari libur. 

Lokasi Pantai Karangpakis berada di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. 

Baca juga: 7 Wisata Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Eksotis

4. Pantai Indah Widarapayung 

Pantai Indah Widarapayung di Kabupaten CilacapDok. https://wisata.cilacapkab.go.id/ Pantai Indah Widarapayung di Kabupaten Cilacap

Lokasi pantai ini cukup strategis, serta mudah dijangkau angkutan umum jurusan Cilacap – Gombong, maupun kendaraan pribadi. Sebab, letaknya berada tepat di jalan lintas selatan. 

Pantai Indah Widarapayung terhampar seluas 500 hektar, berdasarkan informasi dari situs Wisata Cilacap. Lokasinya berada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. 

Panorama pantai cukup sejuk lantaran dikelilingi dengan pohon kelapa. Sejumlah fasilitas yang tersedia bagi wisatawan meliputi gardu pandang, kolam renang, area parkir, warung makan, dan atraksi kesenian daerah. 

Baca juga: Havana Hills, Wisata Baru di Cilacap Berkonsep Outdoor untuk Keluarga

5. Pantai Srandil 

Salah satu wisata bahari yang cukup populer di Cilacap adalah Pantai Srandil. Sesuai namanya, pantai cantik ini berada dekat dengan Gunung Srandil, tepatnya di sebelah selatan.

Gunung Srandil sendiri juga cukup dikenal oleh masyarakat dalam kaitanya dengan budaya spiritual. 

Mengutip laman Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, terdapat upacara sedakah laut atau larung sesaji di Pantai Srandil. 

Upacara larung sesaji ini diadakan pada tanggal 1 Sura, berdasarkan penanggalan Jawa. Adapun yang dilarung dalam upacara itu adalah bermacam sesaji dan hasil bumi. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.