Kompas.com - 13/11/2022, 19:19 WIB

KOMPAS.com - Perjalanan dan pariwisata (travel and tourism) merupakan sektor yang berperan besar dalam masyarakat, ekonomi, dan alam seluruh dunia.

Pada 2019, kurang dari 330 juta orang bekerja di industri perjalanan dan pariwisata atau sekitar 10 persen dari profesi di dunia. Angka ini berkontribusi terhadap total 10,3 persen PBD global.

Oleh karena itu, industri pariwisata menjadi salah satu agenda pembahasan penting dalam G20, khususnya terkait peran dalam pemulihan pasca-pandemi.

Baca juga: Naik Pesawat Super Air Jet ke Bali Selama KTT G20, Perhatikan Hal Ini

Adapun pembahasan negara yang terlibat dalam G20 mendatang adalah pentingnya pariwisata yang tidak hanya sekedar perjalanan, tetapi juga pariwisata berkelanjutan.

“Cara kita bisa punya pertumbuhan ekonomi yang permanen, salah satunya dengan bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan ini berlaku dalam pariwisata,” kata mantan Presiden Meksiko Felipe Calderan.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam rangkaian agenda G20, yaitu THK Blended Finance yang digelar secara hybrid, Minggu (13/11/2022).

Ilustrasi wisatawan di Canggu, Kabupaten Badung, Bali.Dok. UNSPLASH/David Gor Ilustrasi wisatawan di Canggu, Kabupaten Badung, Bali.

Menurut Calderan, merupakan hal yang sangat mungkin untuk suatu negara memiliki pertumbuhan ekonomi sekaligus mengatasi perubahan iklim dengan cara bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Ia melanjutkan, tourism dan travel sebenarnya merupakan salah satu sektor yang sangat menjanjikan dalam hal besarnya lapangan kerja dan menaikkan angka pendapatan negara.

Baca juga: KTT G20, Penerbangan Reguler di Bandara Ngurah Rai Dipastikan Normal

“Tapi dalam waktu yang sama, juga menjadi sektor yang rapuh dalam kaitannya dengan isu perubahan iklim. Bayangkan saja, 80 persen sumber daya di dunia, seperti pantai, terumbu karang, dan lain-lain di sejumlah tempat sudah terancam,” tutur Calderan.

Kerja sama untuk pariwisata berkelanjutan

Oleh karena itu, menurut dia selain bertanggung jawab kepada lingkungan, pihak terlibat dalam industri wisata juga harus bekerja sama mengatasi isu pariwisata berkelanjutan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.