Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajan di Pasar Kuliner Desa Lerep, Harus Tukar Koin Kayu

Kompas.com - 14/11/2022, 07:56 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jika berpelesir ke Wisata Lerep di Embung Sebligo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, kamu bisa menemukan Pasar Kuliner yang digelar setiap Minggu Pon dan Minggu Pahing.

Di sana, pengunjung bisa menemukan beragam kuliner tradisional khas Desa Lerep, mulai dari sego tonjok, nasi iriban, bubur suweg, kopi klotok, hingga sego iriban.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Salah satu keunikan Pasar Kuliner ini adalah pengunjung yang hendak bertransaksi harus menukarkan uang dengan koin kayu terlebih dahulu.

“Transaksi nantinya menggunakan koin yang terbuat dari kayu, terdapat pecahan Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 15.000,” kata Faizin, Minggu (13/11/2022), seperti dikutip Tribun Muria.

Dikutip situs Indonesia Travel yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para pedagang di sana juga mengenakan pakaian tradisional yang membuat para pengunjung seolah menjelajahi masa lalu.

Desa Wisata Lerep di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.Dok. Kemenparekraf Desa Wisata Lerep di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Ada sejumlah gazebo yang disediakan di pinggir embung, sehingga pengunjung bisa berburu jajanan yang diinginkan.

Baca juga: 15 Wisata Alam di Semarang, Cocok untuk Libur Panjang 

Sembari menyantap jajanan, pengunjung bisa menikmati pemandangan embung dan pertunjukkan tari tradisional yang diiringi lagu tradisional Jawa.

“Agar pengunjung tidak hanya menikmati makanan yang ada di sini mas. Mereka bisa terhibur dengan adanya pertunjukan tarian tradisional,” ungkapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Destinasi di kaki Gunung Ungaran ini juga memiliki aktivitas wisata lainnya.

Seperti beberapa aktivitas di sana seperti edu-eco tour alias wisata sambil belajar, menjelajahi Watu Gunung, hingga berfoto-foto di sekitar embung dan air terjun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com