Kompas.com - 14/11/2022, 07:56 WIB

KOMPAS.com - Jika berpelesir ke Wisata Lerep di Embung Sebligo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, kamu bisa menemukan Pasar Kuliner yang digelar setiap Minggu Pon dan Minggu Pahing.

Di sana, pengunjung bisa menemukan beragam kuliner tradisional khas Desa Lerep, mulai dari sego tonjok, nasi iriban, bubur suweg, kopi klotok, hingga sego iriban.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Salah satu keunikan Pasar Kuliner ini adalah pengunjung yang hendak bertransaksi harus menukarkan uang dengan koin kayu terlebih dahulu.

“Transaksi nantinya menggunakan koin yang terbuat dari kayu, terdapat pecahan Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 15.000,” kata Faizin, Minggu (13/11/2022), seperti dikutip Tribun Muria.

Dikutip situs Indonesia Travel yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para pedagang di sana juga mengenakan pakaian tradisional yang membuat para pengunjung seolah menjelajahi masa lalu.

Desa Wisata Lerep di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.Dok. Kemenparekraf Desa Wisata Lerep di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Ada sejumlah gazebo yang disediakan di pinggir embung, sehingga pengunjung bisa berburu jajanan yang diinginkan.

Baca juga: 15 Wisata Alam di Semarang, Cocok untuk Libur Panjang 

Sembari menyantap jajanan, pengunjung bisa menikmati pemandangan embung dan pertunjukkan tari tradisional yang diiringi lagu tradisional Jawa.

“Agar pengunjung tidak hanya menikmati makanan yang ada di sini mas. Mereka bisa terhibur dengan adanya pertunjukan tarian tradisional,” ungkapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Destinasi di kaki Gunung Ungaran ini juga memiliki aktivitas wisata lainnya.

Seperti beberapa aktivitas di sana seperti edu-eco tour alias wisata sambil belajar, menjelajahi Watu Gunung, hingga berfoto-foto di sekitar embung dan air terjun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.